Sembilan Desainer Adu Kreatif di Muslim Fashion Runway 2024

Sembilan Desainer Adu Kreatif di Muslim Fashion Runway 2024

Sejumlah model memperagakan busana saat Muslim Fashion Runway di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 15 Maret 2024. -Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dunia fashion di Indonesia maju pesat. Berbagai kreasi bermunculan, termasuk saat Ramadan. Busana muslim banyak dicari.

Melalui fashion show Muslim Fashion Runway (Mufway), sembilan desainer memberi pilihan-pilihan menarik. Puluhan model berbusana muslim tersaji di atas catwalk.

Di tengah iringan musik melodis khas Timur Tengah, seorang model dengan percaya diri melangkah di atas catwalk. Berjalan ke depan, bergerak membelakangi, lalu menyibak kain hitam di punggungnya yang terurai. Anggun, elegan. Dia mengenakan busana kreasi Lia Afif, desainer asal Surabaya.

BACA JUGA: Womenspiration, Fashion Show Model Disabilitas Memberi Harapan untuk Model-model Inklusif


Beragam kreasi busana muslim di Muslim Fashion Runway 2024. Sejumlah model memperagakan busana saat Muslim Fashion Runway di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 15 Maret 2024. -Julian Romadhon-Harian Disway

Lia merupakan satu dari sembilan desainer yang unjuk karya dalam Mufway. Fashion show busana musim itu telah empat kali digelar. Sejak 2020 silam. Tahun ini acara itu berlangsung di Pakuwon Mall Surabaya, pada Jumat, 15 Maret 2024.

Pada ajang tersebut, Lia mengusung tema Anangga Ayaza. Anangga dalam bahasa Jawa Kuna artinya cinta. Sedangkan Ayaza merupakan bahasa Turki yang berarti musim panas.

BACA JUGA: Kids Wear Rancangan Adi Sufrianto untuk Jakarta Fashion Trend 2024 Tampil Ceria bak Kitiran

"Musim panas saya ibaratkan sebagai suasana hangat. Ramadan kan selalu penuh cinta dan membawa kehangatan," ujarnya, lantas tersenyum.

Sebagian besar busana yang ditampilkan berwarna terakota. Menurut Lia, warna itu sedang jadi tren di tahun 2024. "Saya menggunakan tone warna yang bisa digunakan dalam berbagai momen. Baik resmi maupun saat berkumpul bersama keluarga. Yakni putih, krem, terakota dan hitam," ujarnya desainer 49 tahun itu.

Dapat dilihat pada salah seorang modelnya. Dia mengenakan hijab warna terakota yang sedikit lebih cerah. Bagian dada hingga lengannya terakota dengan sentuhan lebih gelap.


Beragam kreasi busana muslim di Muslim Fashion Runway 2024. Desainer Lia Afif dan para modelnya dalam Mufway 2024. Dia mengusung warna-warna terakota.-Julian Romadhon -

Kemudian terdapat lengkungan yang menjulur dari pundak kiri sampai ke bawah. Warnanya krem. Motif batik bunga-bunga ada dalam kontur atau tepian lengkungan tersebut.

Bagian roknya menjuntai anggun. Terdapat aksen garis-garis emas. Juga pernak-pernik pemanis yang berderet di dua sisi kanan-kiri.

BACA JUGA: 16 Desainer Gelar Karya dalam Fashion Show Anak Bertema Spring Summer 2024

"Bahan kain yang saya gunakan adalah paduan lace, tule, lurik, dan batik," terangnya. Ada pula busana muslim untuk pria dengan warna krem, plus sentuhan cokelat muda di bagian lengan.

Ajang Mufway dihadiri oleh founder Mufway Dian Aprilliana, Direktur Konsumer, Ritel dan Usaha Syariah Bank Jatim Arief Wicaksono, Fatma Saifullah Yusuf, Rr Dewi Maharani Nurkholis istri Pj Wali Kota Probolinggo, dan berbagai tokoh lain.

Dalam sambutannya, Dian memaparkan data dari The State of Global Islamic Economy Report tahun 2020/2021. Bahwa Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang mengembangkan fashion muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab (UEA) dan Turki.

"Maka Mufway merupakan wadah apresiasi bagi para pegiat busana muslim. Apalagi menyambut bulan Ramadan. Kami berharap agar Indonesia bisa mencapai nomor satu. Mengalahkan UEA dan Turki," ungkapnya.


Beragam kreasi busana muslim di Muslim Fashion Runway 2024. Busana karya Ura by Aura Afilia. Dalam Mufway 2024, Aura mengusung tema Belamoure. Busana muslim ready to wear yang bermakna cinta, anggun dan elegan.-Julian Romadhon -

Apalagi menurutnya, para desainer busana muslim di Indonesia terus bermunculan. Mengusung kreasi-kreasi yang semakin inovatif dan beragam.

BACA JUGA: Tren Belanja Akhir Tahun: Transaksi Brand Lokal dan UMKM Kategori Fashion dan Beauty di Shopee Naik Berlipat-lipat

Terdapat sembilan desainer busana muslim yang turut berpartisipasi dalam Mufway. Selain Lia terdapat Saffana, Gita Orlin, Riris Ghofir, Arva School of Fashion X Sheza, URA by Aura Afilia, Tufiana, Elva Fauqo, dan Muli Donna sebagai guest designer.

Muli merupakan desainer busana muslim asal Banjarmasin. Dia diundang secara khusus dalam gelaran Mufway. "Saya mengusung tema Serenity of Raya. Koleksi yang saya tampilkan adalah representasi dari kedamaian yang abadi. Inspirasinya berasal dari buah persik," ungkap pemilik brand Donna Prive tersebut.

Dalam berbagai mitologi, seperti Tiongkok, buah persik dianggap sebagai simbol keabadian atau umur panjang. Dalam karya busana, Muli mengkreasikan harmoni antara motif floral, monogram, sentuhan gradasi dalam balutan warna persik, sage, celadon, fuchsia, aprikot dan koral.


Beragam kreasi busana muslim di Muslim Fashion Runway 2024. Para model memperagakan busana saat Muslim Fashion Runway di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 15 Maret 2024. -Julian Romadhon-Harian Disway

"Detail ornamen motifnya adalah floral, monogram, dan graffiti print, tapi juga memadukan teknik sulam atau embroidery. Ada 16 koleksi yang saya tampilkan dalam Mufway kali ini," ujar perempuan yang telah tiga tahun menggeluti dunia busana tersebut.

Tak ketinggalan desainer muda. Yakni Aura Afilia. Dia mengusung tema Belamour. Maknanya adalah Cinta yang Indah atau beautiful love.


Beragam kreasi busana muslim di Muslim Fashion Runway 2024. Pengunjung memperhatikan dengan seksama saat para model memperagakan busana dalam ajang Muslim Fashion Runway di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 15 Maret 2024. -Julian Romadhon-Harian Disway

"Jadi yang saya tampilkan adalah koleksi-koleksi representatif dari perasaan cinta dan keindahan. Menggunakan potongan yang simpel dan versatile," ungkapnya.

Busana yang disajikan Aura terlihat modis dan trendi. Tapi tetap elegan. Jenisnya ready to wear. Salah satu busana menunjukkan warna biru gelap denim dengan sentuhan biru muda di bagian dada. Kemudian pada dua sisi juluran roknya, warna biru muda itu muncul kembali. Serasi dan anggun.

Sedangkan di bagian tengah terdapat motif ornamen floral. "Lebih pada bentuk yang simpel. Beberapa sisi polos, tapi tetap memperhatikan komposisi estetiknya," ujar desainer 23 tahun itu.

Busananya dapat dikenakan dalam acara apa pun. Misalnya, berkumpul dengan keluarga saat Lebaran, acara resmi, maupun untuk jalan-jalan santai.

Mufway 2024 digelar pada 15-24 Maret. Gelaran itu ditutup dengan acara Kids Moslem Fashion Runway serta pertunjukan tari sufi dan musik gambus pada hari terakhir. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: