Womenspiration, Fashion Show Model Disabilitas Memberi Harapan untuk Model-model Inklusif

Womenspiration, Fashion Show Model Disabilitas Memberi Harapan untuk Model-model Inklusif

Womenspiration, fashion show model disabilitas. Model inklusif Melfrida Christine Decianna di atas catwalk dengan outer uniknya.-Sahirol Layeli-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sebanyak lima model asal Fira Modelling Disabilitas berjalan luwes di atas catwalk. Mereka mengenakan outer dari kain katun bekas sprei hotel. Berbalut warna-warna senja, para model memberikan nuansa baru dalam dunia fashion.

Executive Lounge Hotel Ciputra Surabaya tampak ramai. Terdapat jalur khusus catwalk di tengah-tengah para penonton. Di pinggir jalur catwalk, perupa Leo Arif Budiman, Zakiyah Fitri, dan Wiwit Manfaati tampak senang. 

Pun, Ketua Tim Penggerak PKK Surabaya Rini Indriyani. Pasalnya, 8 looks outer yang dibuat bersama kawan-kawan disabilitas ditampilkan. Outer tersebut terbuat dari kain katun bekas sprei Hotel Ciputra Surabaya.

BACA JUGA: Kids Wear Rancangan Adi Sufrianto untuk Jakarta Fashion Trend 2024 Tampil Ceria bak Kitiran


Womenspiration, fashion show model disabilitas. Tari remo yang dibawakan oleh Sophia dan Rianda dari Rumah Anak Prestasi dalam ajang Womenspiration.-Sahirol Layeli-

Lima model inklusif berjalan di atas catwalk. Ada Desy Ramadhani Maghfiroh Ayu Putri, Alifah Sekar Putri, Kazu Evani Hinide Siswoyo, Melfrida Christine Decianna, dan Kori Nurqolbu Raditaasri. 

Mereka adalah model jebolan Fira Modelling Disabilitas (FMD). Sekilas mereka tak terlihat keterbatasannya. Namun, mereka adalah kawan-kawan tunarungu, slow learner, tuna daksa, dan berbagai disabilitas lainnya.

Kendati memiliki keterbatasan, mereka tampil pede nan cantik dengan outer yang unik. Suara ketukan high heels pun mengiringi langkah mereka.

Beragam warna outer dari teknik batik shibori menghiasi. Teknik pewarnaan asal Jepang itu dilakukan dengan cara mencelup kain yang telah diikat, dijahit, atau dilipat sesuai pola tertentu. 

Leo Arif Budiman menghias kain bersama kawan-kawan disabilitas. Ia sekaligus mengajarkan teknik dasar shibori yang mudah. Yakni kumo, arashi, dan itajime.

Wiwit Manfaati turut menghias kain dengan batik ecoprint. Yakni mencetak daun-daunan, bunga, atau tanaman lain di atas kain. Kain tersebut direbus atau diolah dengan pewarna alami. Selanjutnya, kain-kain yang telah dihias kemudian didesain oleh Zakiyah Fitri.

BACA JUGA: 16 Desainer Gelar Karya dalam Fashion Show Anak Bertema Spring Summer 2024


Womenspiration, fashion show model disabilitas. Pemberian buket bunga dari Rini Indriyani pada Leo Arief Budiman. Tanda diresmikannya fashion show Womenspiration.-Sahirol Layeli-

Fitri menuturkan bahwa konsep outer-nya kekinian. “Saya buat asimetris, ya. Jadi, bagian outer-nya ada yang dibuat pendek atau panjang,” kata Fitri. Fitri memadukan 3-4 warna bercorak senja di setiap looks-nya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: