Rekapitulasi Suara Nasional: Jawa Barat Jadi Lumbung Suara Prabowo-Gibran hingga Raup 16,8 Juta Suara

Rekapitulasi Suara Nasional: Jawa Barat Jadi Lumbung Suara Prabowo-Gibran hingga Raup 16,8 Juta Suara

Rekapitulasi suara nasional menunjukkan bahwa Jawa Barat menjadi lumbung suara Prabowo-Gibran dengan meraup suara 16,8 juta. --YouTube KPU RI

HARIAN DISWAY - Pada Selasa, 19 Maret 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara nasional untuk Provinsi Jawa Barat.

Dari hasil rapat pleno tersebut, ditetapkan bahwa paslon Prabowo-Gibran memimpin perolehan suara di Jawa Barat yaitu sekira 16,8 juta suara. Kemudian disusul suara paslon Anies-Muhaimin dengan perolehan suara sekira 9 juta suara.

BACA JUGA: Rapat Pleno Hujan Interupsi, Pengumuman Hasil Pemilu Meleset dari Target

Di posisi terakhir, terdapat perolehan suara dari paslon Ganjar-Mahfud dengan perolehan sekira 2,8 juta suara.

Proses rekapitulasi hasil suara Pemilu Provinsi Jawa Barat ini merupakan hasil yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat karena menjadi provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak.

Rapat pleno yang seharusnya dilaksanakan pada Senin, 18 Maret 2024 mengalami penundaan karena KPU Provinsi Jawa Barat masih harus melaksanakan rapat pleno tingkat provinsi.

BACA JUGA: Rekapitulasi Sisa 5 Provinsi, Pengumuman Hasil Pemilu Lebih Cepat Bukan Yang Pertama Kali

Rapat penetapan yang terlaksana pada Selasa, 19 Maret 2024 berlangsung cukup lama karena banyaknya daerah pilihan di provinsi ini. Namun, pada akhirnya, untuk rekapitulasi hasil Pilpres 2024 diungguli oleh Paslon Prabowo-Gibran.
Rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara nasional Provinsi Jawa Barat, jumlah pemilih terbanyak. --YouTube KPU RI

Berikut hasil perolehan suara pilpres di Provinsi Jawa Barat:

1. Anies-Muhaimin 9.099.674 suara

2. Prabowo-Gibran 16.805.854 suara

3. Ganjar-Mahfud 2.820.995 suara

Dari hasil perolehan suara tersebut menjadikan Prabowo-Gibran unggul pada 34 provinsi dari 36 provinsi yang sudah direkap hingga Selasa, 19 Maret 2024.

Di hari yang sama, rekapitulasi Provinsi Maluku juga dilaksanakan. Hasil perolehan suaranya juga diungguli oleh paslon ini. Pengumuman hasil Pemilu 2024 akan segera diumumkan setelah rekapitulasi pada 2 provinsi tersisa selesai dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kpu ri