Laut Jawa Belum Tenang! Rentetan Gempa Susulan Terjadi Sejak Zuhur Sampai Asar

Laut Jawa Belum Tenang! Rentetan Gempa Susulan Terjadi Sejak Zuhur Sampai Asar

Pengunjung Plaza Surabaya berhamburan keluar saat terjadi gempa bumi pada Jumat sore menjelang pukul 16.00 WIB -Boy Slamet/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Rentetan gempa melanda sebagian besar wilayah Pulau Jawa terutama bagian utara pada Jumat, 22 Maret 2024. 

Berdasarkan laporan BMKG dan laman Indonesian Tsunami Early Warning System (INA-Tews), tercatat dua gempa utama (main shock) dengan titik episenter yang berdekatan. Yakni pada 120-an kilometer di arah Timur Laut pusat Kota Tuban, Jawa Timur. 

Guncangan mayor pertama dilaporkan terjadi pada pukul 11.22 WIB saat sebagian besar masyarakat hendak melaksanakan shalat Jumat. Guncangan dirasakan di kota-kota besar di utara Jawa. Mulai dari Surabaya, Gresik, Lamongan, Blora, Rembang, Semarang, hingga Batang. 

Guncangan pertama tercatat memiliki kekuatan M=6,0 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M=5,9. Episenter gempa ini terletak di 126 km lepas pantai pusat Kota Tuban, Jawa Timur. 

BACA JUGA:Laut Jawa Belum Tenang! Surabaya dan Separuh Jatim Dihajar Gempa Lagi

BACA JUGA:Gempa Bumi Susulan di Laut Jawa, Belum Ada Laporan Korban Maupun Kerusakan

BACA JUGA:Gempa M=6,0 di Laut Jawa, Terasa di Surabaya dan Jawa Bagian Utara

Guncangan pertama disusul oleh beberapa gempa susulan (aftershock) dengan kekuatan M=3 hingga M=4,1. Jumlah pasti gempa susulan masih menunggu laporan resmi dari BMKG. 

Saat suasana sudah tenang, masyarakat Surabaya kembali dikagetkan dengan guncangan yang lebih besar pada sore hari sekitar pukul 15.52 WIB dengan kekuatan M=6,5. Kepanikan pun kembali terjadi saat warga di kawasan perkantoran, gedung bertingkat dan pusat-pusat perbelanjaan.(*)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: