Dari Jagermeister ke O2: Menelusuri Jejak Sponsor Jersey yang Mengubah Sejarah Sepakbola

Dari Jagermeister ke O2: Menelusuri Jejak Sponsor Jersey yang Mengubah Sejarah Sepakbola

Eintracht Braunschweig saat memperkenalkan jersey mereka dengan sponsor Jagermeister di tahun 1973-Picture Alliance/DPA-

Pada 24 Maret 1973, sejarah pun terukir. Jersey Braunschweig dengan sponsor Jagermeister debut di Bundesliga. Upaya Mast menuai sukses besar.

Media ramai memberitakannya, dan DFB akhirnya luluh. Federasi sepakbola Jerman pun mengizinkan sponsor pada jersey pada Oktober 1973.

Sejak saat itu, sponsor menjadi bagian tak terpisahkan dari jersey sepakbola. Nilai sponsor terus meningkat. Lalu, pada tahun 1998, Borussia Dortmund menerima 12,5 juta dari S'Oliver yang menjadi sponsor utama mereka. 

Hingga pada tahun 2003, rata-rata nilai sponsor Bundesliga mencapai 5 juta Euro. Kemudian 10 tahun kemudian meningkat menjadi 6,5 juta Euro.

Pada tahun 2013, Bundesliga menempati posisi kedua di Eropa dalam hal nilai sponsor utama, dengan total 120 juta Euro.

BACA JUGA:Nama CR7 Muncul di Jersey Sporting CP 2023/2024

Sponsor menjadi identitas tim


Thiery Henry saat membela Arsenal di tahun 2004-Goal-

Hingga saat ini, sponsor pun melekat pada klub-klub tertentu. Misal, Arsenal dengan jersey bersponsor O2 nya yang berhasil merengkuh gelar invisible di tahun 2004. 

Kemudian Manchester United kala bekerja sama dengan AIG, yang masih diperkuat Ronaldo. Kemudian Liverpool dengan sponsor Carlsberg-nya kala memenangkan Liga Champions dramatis di tahun 2005. 

Itulah sedikit kisah tentang sponsor dan tim sepakbola. Terutama, ketika Jagermeister berhasil merubah regulasi sepakbola Jerman dengan menjadi sponsor utama Einstracht Braunschweig. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber