Gugat Hasil Pilpres

Gugat Hasil Pilpres

ILUSTRASI paslon 01 dan 03 mengajukan gugatan hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka, antara lain, ingin hasil pemilu dibatalkan. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Paslon nomor urut 1 menggugat hasil Pilpres 2024 dengan tuntutan pilpres diulang tanpa Gibran Rakabuming Raka. Sementara itu, Paslon nomor urut 3 menuntut pemenang Pilpres 2024 didiskualifikasi. Meski sulit menang, gugatan tetap diperoses MK.

SULIT menang, diakui Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Sabtu, 23 Maret 2024. Dikatakan begini:

”Apresiasi tim hukum Mas Anies dan Mas Ganjar. Menunjukkan determinasi menjaga demokrasi. Proses di MK tidak mudah. Perlu banyak usaha, banyak fakta dan banyak analisis.”

BACA JUGA: Pilpres Usai dengan Damai

PKS adalah pengusung paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Dan, pernyataan Mardani bahwa proses di MK tidak mudah memang realistis. Selama ini gugatan hasil pilpres belum pernah ada yang menang. Apalagi, dengan tuntutan yang konyol begitu.

Seperti diberitakan, hasil pilpres diumumkan KPU pada Rabu, 20 Maret 2024. Pemenangnya paslon Prabowo-Gibran. Pendaftaran gugatan pilpres ditutup Sabtu, 23 Maret 2024. 

Pasangan Amin mendaftar pada Kamis, 21 Maret. Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendaftar pada hari terakhir, Sabtu, 23 Maret 2024. Sidang di MK akan dimulai Senin, 25 Maret 2024.

BACA JUGA: TPN Ganjar-Mahfud Siapkan Puluhan Saksi dan Ahli dalam Gugatan Hasil Pilpres ke MK

Tim hukum Amin yang dipimpin Ari Yusuf Amir maju dengan 190 pengacara. Semula mereka gembar-gembor akan maju bersama 1.000 pengacara.

”Permohonan kami, meminta supaya ada pemungutan suara ulang, tapi biang masalah calon wakil presiden itu (Gibran) jangan diikutkan lagi supaya tidak ada cawe-cawe dari Presiden Joko Widodo lagi.”

Jumlah pengacara itu membikin lawannya, Ketua Tim Hukum Prabowo-Gibran Yusril Ihza Mahendra, terkekeh. Sebab, ruang sidangnya tidak muat dengan jumlah pengacara segitu. Maksimal 34 pengacara. Pun, 190 pengacara tergolong spektakuler.

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Menang Pilpres, TKD Siap Menangkan Khofifah di Pilgub Jatim

Tantangan kubu Amin bukan cuma soal menyiapkan bukti-bukti hukum terkait gugatan, tapi juga dukungan dari partai utama, Nasdem, sudah tidak ada. 

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sudah cipika-cipiki dengan Prabowo. Bahkan, Prabowo datang ke Nasdem Tower pada Jumat, 22 Maret 2024, disambut dengan karpet merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: