Kemenhub Siapkan Transportasi Sambut Lebaran, Berikut Rinciannya!

Kemenhub Siapkan Transportasi Sambut Lebaran, Berikut Rinciannya!

Kementerian Perhubungan mengatakan pihaknya menyiapkan sarana transportasi umum menyambut Lebaran 2024. Agenda ini diwujudkan dengan program bertajuk Angkutan Lebaran 2024. --IG @budikaryas

Jakarta, HARIAN DISWAY - Kementerian Perhubungan mengatakan pihaknya menyiapkan sarana transportasi umum menyambut Lebaran 2024. Agenda ini diwujudkan dengan program bertajuk Angkutan Lebaran 2024.

Transportasi umum yang disiapkan sebanyak 30.780 unit bus, 213 unit kapal, 420 unit pesawat, 26 kapal penumpang, 107 kapal perintis, 1.208 kapal swasta, serta 615 KA antarkota per hari.

Tidak hanya transportasi, Kemenhub turut menyiapkan sarana dan prasana (sarpras) sebanyak 113 terminal untuk angkutan umum darat.

Sebanyak 8 lintas bersamaan dengan 16 pelabuhan dan 50 dermaga untuk penyeberangan laut, 51 bandar udara domestik dan 16 bandar udara internasional, 264 pelabuhan,  dan 192 stasiun kereta api.

BACA JUGA: Kemenhub Prediksi Penumpang Udara Melonjak 4 Juta Orang, Siapkan 420 Armada Pesawat

Dirjen Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi, mewakili Menteri Perhubungan mengatakan persiapan tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi.

Hal tersebut disampaikannya dalam Diskusi Publik Kesiapan Jelang Mudik Lebaran 2024, di Jakarta pada 28 Maret 2024 lalu.“Sarpras tersebut disiapkan untuk melayani 71,7 persen atau 193,6 juta penduduk Indonesia yang berkeinginan untuk Mudik,” ujar Antoni.

Ia menambahkan pemerintah berupaya memberikan keceriaan melalui penertiban arus mudik sehingga bermakna bagi masyarakat lewat program Mudik Ceria Penuh Makna.

Menurut Dirjen Antoni, upaya pemerintah dapat didukung oleh masyarakat dengan melakukan mudik lebih awal. Ia berharap masyarakat dapat menggunakan transportasi umum sehingga kepadatan pada puncak arus mudik dapat terurai.

BACA JUGA: Antisipasi Lonjakan Kendaraan, Penyeberangan Jawa-Sumatera Akan Dibagi ke 3 Pelabuhan

Diskusi tersebut turut dihadiri oleh pihak-pihak penanggungjawab mudik, khususnya di bidang transportasi darat, laut, dan udara. 

Terlihat Direktur Lalu Lintas Jalan Perhubungan Darat Ahmad Yani, Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Raden Slamet Santoso, Direktur Operasi PT. Jasa Marga Fitri Wiyanti yang mewakili penyelenggaraan pengaturan lalin darat.

Sedangkan untuk laut dan udara diwakilkan oleh Direktur Utama Airnav Polanan B. Pramesti, Direktur Armada dan Teknik PT. Pelni Robert MP. Sinaga, Direktur Pengelola PT. Pelindo Putut Sri Muljanto, serta Direktur Layanan dan Niaga PT. Garuda Indonesia Ade R. Susardi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kementrian perhubungan