Peringati Hari Film Nasional, Menparekraf Ajak Kolaborasi untuk Memperkuat Industri Film Indonesia

Peringati Hari Film Nasional, Menparekraf Ajak Kolaborasi untuk Memperkuat Industri Film Indonesia

Peringatan Hari Film Nasional yang Diselenggarakan Festival Film Bulanan (Fesbul) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, 29 Maret 2024--Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Hari Film Nasional diperingati setiap tanggal 30 Maret 2024. pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus berupaya untuk memperkuat industri Film Indonesia dengan melakukan kolaborasi multibidang.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, kemajuan industri film Indonesia dapat terwujud dengan adanya kolaborasi bersama pihak terkait seperti akademisi, pemerintah daerah, industri kreatif, pebisnis, komunitas, hingga media.

“Nah, harapannya berupa dukungan yang berkelanjutan, sehingga menciptakan iklim kondusif yang kreatif dan totalitas,” jelasnya saat menghadiri peringatan Hari Film Nasional yang diselenggarakan Festival Film Bulanan (Fesbul) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, 29 Maret 2024.


Menparekraf Sandiaga Uno saat Menghadiri Peringatan Hari Film Nasional yang Diselenggarakan Festival Film Bulanan (Fesbul) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, 29 Maret 2024--Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

BACA JUGA:Menparekraf Bentuk Program Khusus Untuk Tumbuhan Ekosistem Startup di Kawasan IKN

Oleh karena itu, Sandiaga berharap Untirta sebagai salah satu pihak terkait dapat memperbanyak workshop pembuatan film dan melahirkan seniman yang berani memproduksi serta mempertontonkan filmnya ke masyarakat luas.

“Karena ini kan mereka sekarang pegang HP, di situ ada kamera yang bisa dimanfaatkan untuk membuat film pendek 7 menit, 5 menit, bahkan 1 menit,” terang lulusan Wichita State University tersebut.


Dokumentasi Peringatan Hari Film Nasional yang Diselenggarakan Festival Film Bulanan (Fesbul) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, 29 Maret 2024--Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Di sisi lain, pemerintah juga terus berusaha menciptakan peluang yang lebih terbuka untuk anak muda sebagai generasi penerus bangsa.

BACA JUGA:Kemenparekraf Dan KAI Sebar Diskon 30 Persen Tiket Kereta Api Untuk Wisatawan Selama Mudik Lebaran 2024

Lebih jelas, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam mengungkapkan bahwa pemerintah akan terus terbuka untuk diskusi serupa yang membahas mengenai kemajuan industri film Indonesia.


Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam saat Menghadiri Peringatan Hari Film Nasional yang Diselenggarakan Festival Film Bulanan (Fesbul) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, 29 Maret 2024--Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

“Semoga Hari Film Nasional ini memperkuat sinergi dalam mendukung perfilman Indonesia,” tegas Neil.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siaran pers kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif