Lecce vs AS Roma 0-0: Ini Alasan Wasit Tidak Hadiahkan Penalti pada Gialorossi

Lecce vs AS Roma 0-0: Ini Alasan Wasit Tidak Hadiahkan Penalti pada Gialorossi

LECCE vs AS Roma 0-0: Daniele De Rossi protes penalti yang diabaikan wasit. Foto: Sesaat sebelum Nicola Zalewski (tengah) dilanggar kiper Lecce Wladimiro Falcone (kiri).-Football Italia-

HARIAN DISWAY - Roma hanya mencatat hasil imbang tanpa gol ketika bertandang ke markas Lecce, Stadio Comunale via del Mare, Selasa dini hari, 2 April 2024. Pelatih Roma Daniele De Rossi marah besar, karena harusnya timnya mendapatkan penalti.

Kemarahan De Rossi tersulut ketika strikernya, Nicola Zalewski, terjatuh di area kotak penalti Lecce. Di mata De Rossi, pemain 22 tahun itu dilanggar oleh kiper Lecce Wladimiro Falcone dan bek Alexis Brin.

Wasit Matteo Marcerano sempat melihat VAR, menganalisa apakah ia harus menghadiahkan penalti atau tidak. Dan keputusannya, tidak.

BACA JUGA:Lecce vs AS Roma 0-0: Daniele De Rossi Protes Penalti yang Diabaikan Wasit

"Jujur saja ya, aku senang kalau sepak bola tidak ditentukan dengan penalti," kata Daniele De Rossi, sebagaimana dikutip DAZN. "Tapi harus konsisten, dong. Kalau enggak, bakal sulit bagi kami dan siapa pun yang memimpin pertandingan," tutur pelatih 40 tahun itu.


LECCE vs AS Roma 0-0: Ini alasan wasit tidak hadiahkan penalti pada Gialorossi. Foto: Nicola Zalewski terkapar setelah jatuh di kotak penalti Lecce.-Football Italia-

Ketua komisi wasit Serie A Antonio Damato merespons protes Daniele De Rossi. Kebetulan, wakil komisioner asosiasi wasit CAN itu menjadi tamu undangan DAZN. Untuk menganalisa rekaman VAR dalam pertandingan Lecce vs Roma di pekan ke-30 Serie A itu.

Damato membenarkan, setelah insiden Nicola Zalewski terjatuh di kotak penalti Lecce, wasit Matteo Marcerano langsung mengecek VAR. Audio percakapan di lokasi VAR itu diputar di TV. Mengonfirmasi analisa footage tersebut.

BACA JUGA:Romelu Lukaku Dilepeh Sana-sini, AS Roma Siap Tampung, Tapi..

BACA JUGA:Tekuk AS Roma 1-0, Brighton Tetap Gagal ke Perempat Final Liga Europa

Menurut Marcerano dan timnya, jatuhnya Zalewski tidak perlu diganjar penalti. Sebab, ia sudah melayangkan tembakan ke gawang Lecce. Saat itulah, kiper Lecce Wladimiro Falcone bertabrakan dengan rekan setimnya, Alexis Brin. Keduanya menabrak Zalewski hingga jatuh.

Damato setuju dengan alasan Marcerano dan analis VAR bahwa itu tidak penalti. Itu bahkan tidak cukup untuk disebut sebagai pelanggaran. Lebih ke arah jatuh bersama.

"Kalau wasit menghadiahkan penalti saat itu, maka VAR akan melakukan pengecekan sendiri. Dan tidak akan menganulir keputusan wasit," kata Damato. Ia mengisyaratkan bahwa efeknya akan lebih buruk buat institusi wasit.


LECCE vs AS Roma 0-0: Daniele De Rossi protes penalti yang diabaikan wasit.-Filippo Monteforte-AFP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dazn