Musrenbang RPJPD Kota Pasuruan, Gus Ipul Menyiapkan Peninggalan untuk 20 Tahun Ke Depan

Musrenbang RPJPD Kota Pasuruan, Gus Ipul Menyiapkan Peninggalan untuk 20 Tahun Ke Depan

Gus Ipul saat membuka Musrenbang RPJPD Kota Pasuruan menyongsong Indonesia Emas 2044 di hall RM Kebon Pring, Kota Pasuruan. -Lailiyah Rahmawati-

HARIAN DISWAY - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) digelar Pemerintah Kota Pasuruan, Selasa 2 April 2024, di hall RM Kebon Pring.

Bagaimana rencana pembangunan Kota Pasuruan 20 tahun kedepan (2025-2045) dibahas dalam acara tersebut. 

Musrenbang ini bertujuan membahas rancangan RPJPD Kota Pasuruan 2025-2045 dalam rangka penajaman visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok RPJPD.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, musrenbang RPJPD adalah upaya memberikan legacy (warisan) bagi Kota Pasuruan sampai 20 tahun ke depan. 

BACA JUGA: Tim UNICEF Datang ke Kota Pasuruan Memastikan Pelayanan Administrasi untuk Anak-anak

Gus Ipul mengungkapkan, merancang RPJPD membutuhkan proses yang panjang dengan mengakomodasi pendapat dan usulan berbagai kalangan.

Selain itu, RPJPD harus merujuk pada arah pembangunan nasional dan provinsi. "Mewujudkan Kota Pasuruan maju, harmoni, dan berkelanjutan tahun 2045 merupakan sumbangsih menuju Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Kemudian Gus Ipul menjabarkan bahwa RPJPD Kota Pasuruan 2025-2045 tegak lurus dengan cita-cita nasional dan provinsi Jawa Timur. Khususnya program-program yang dimunculkan nanti harus adaptif dengan perkembangan zaman. 

Ada hal yang tak kalah penting ia sampaikan adalah bagaimana melibatkan kalangan anak muda dalam pembangunan. Menurut Gus Ipul, kalangan milenial dan Gen Z merupakan pemegang tongkat estafet pembangunan pada 2045 mendatang.

"Harus diadaptasi oleh semua perangkat daerah. Libatkan anak muda. Ajak mereka untuk memberikan warna dalam pembangunan," tegasnya.

BACA JUGA: Wawali Pasuruan Adi Wibowo Serahkan 155 Paket Sembako untuk Duafa, Yatim, dan Disabilitas

Lebih lanjut, Gus Ipul menyampaikan bahwa RPJPD ini haruslah menjadi pedoman bagi wali kota Pasuruan di masa mendatang dalam melaksanakan program pembangunan.

"RPJPD ini akan menjadi pedoman, siapa pun wali kotanya dalam setiap periode hingga 2045. Memimpin Kota Pasuruan yang tantangannya tinggi. Harus mau berkorban" ucapnya.

Gus Ipul lalu memungkasi sambutannya dengan menjabarkan visi Kota Pasuruan 20 tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: