7 Tip Packing Praktis dan Efisien Agar Mudik Lebaran Anda Lancar

7 Tip Packing Praktis dan Efisien Agar Mudik Lebaran Anda Lancar

Tip packing praktis dan efisien untuk persiapan mudik Lebaran. --ilustrasi

Pastikan barang-barang esensial ini mudah dijangkau saat dibutuhkan. Misalnya, letakkan charger dan perlengkapan mandi di dalam tas jinjing atau tas yang mudah diakses di dalam kendaraan.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengisi daya ponsel atau membersihkan wajah dengan cepat tanpa harus mengeluarkan semua barang dari tas.

Selain itu, meskipun tidak merasa sakit, selalu bawalah obat-obatan dasar seperti obat sakit kepala, obat maag, atau obat demam.

BACA JUGA: Dukung Kelancaran Ibadah dan Mudik, PLN Berkomitmen Amankan Pasokan Listrik Selama Idulfitri

Ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan serangan penyakit yang bisa terjadi selama perjalanan. Dengan begitu, Anda dapat mengatasi kondisi tersebut dengan cepat dan tidak terganggu selama mudik.

3. Buat Daftar dan Kategori Barang yang Akan Dibawa

Saat merencanakan mudik, tidak hanya pakaian yang perlu dipertimbangkan, banyak barang lain yang mungkin dibutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk mengkategorikan masing-masing benda berdasarkan jenisnya.

Mulailah dengan membuat daftar kategori, seperti pakaian, benda elektronik, alat mandi, obat-obatan, dan lain-lain. Setelah itu, tambahkan barang-barang yang akan dibawa ke dalam masing-masing kategori sesuai kebutuhan.

Misalnya, dalam kategori pakaian, tulis jenis pakaian yang akan dibawa seperti baju, celana, dan hijab. Untuk kategori benda elektronik, cantumkan charger, power bank, dan earphone. Sedangkan dalam kategori alat mandi, masukkan sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi.

BACA JUGA: 9 Tip Mudik Antibosan Ini Bikin Anda Bisa Nikmat selama Perjalanan

Dengan mengkategorikan barang bawaan ini, Anda dapat memastikan tidak ada yang terlupakan atau tertinggal. Selain itu, ini juga akan memudahkan proses pengecekan sebelum berangkat, sehingga Anda dapat memastikan semua barang yang diperlukan sudah termasuk dalam daftar packing.

4. Sesuaikan Tas atau Koper Sesuai Kebutuhan

Ukuran tas dan koper yang besar mungkin terlihat menarik karena menawarkan lebih banyak ruang, tapi koper besar tersebut bisa menjadi beban saat bepergian, terutama saat mudik.

Koper dan tas besar akan memakan banyak ruang di dalam kendaraan, membuat perjalanan menjadi tidak nyaman bagi penumpang lain atau bahkan menyulitkan saat menemukan tempat penyimpanan yang sesuai.

BACA JUGA: Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman, Siagakan Satgas RAFI Saat Mudik dan Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: