Apa Sih Kriteria Musafir Hingga Anda Boleh Tidak Berpuasa saat Mudik? Ini Hukum dan Syaratnya!

Apa Sih Kriteria Musafir Hingga Anda Boleh Tidak Berpuasa saat Mudik? Ini Hukum dan Syaratnya!

Ada pencerahan yang penting bagi umat Islam itu menyatakan bahwa seorang yang melakukan perjalanan jauh atau musafir memiliki keringanan dalam menjalankan ibadah puasa. -Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

Ini merupakan bentuk kasih sayang Allah SWT yang selalu memudahkan hamba-Nya dalam menjalani kehidupan. Simak syarat bagi musafir yang diperbolehkan tidak berpuasa.

1. Melakukan perjalanan dengan jarak minimal sesuai dengan ketentuan agama (85 kilometer).

2. Perjalanan tersebut tidak menuju kepada suatu kemaksiatan.

3. Perjalanan dilakukan pada malam hari atau sebelum terbit fajar dan telah meninggalkan batas daerah tempat tinggalnya.

4. Jika seseorang berangkat setelah fajar, maka tidak diperbolehkan untuk berbuka dan harus menjalankan puasa pada hari tersebut.

5. Seorang musafir yang telah bermukim di suatu tempat dilarang untuk berbuka (tetap berpuasa dan menyesuaikan jadwal berbuka di tempat tersebut).

BACA JUGA: 5 Aplikasi Bantu Pantau Arus Mudik Lebaran

Dapat disimpulkan bahwa bagi mereka yang sedang melakukan mudik, diberikan kelonggaran untuk tidak berpuasa.Asal dengan memperhatikan syarat-syarat yang telah ditetapkan dalam ajaran agama.

Hal ini membuktikan bahwa agama Islam selalu mengedepankan kemudahan bagi umatnya dalam menjalankan ibadah. Terutama dalam situasi yang membutuhkan adaptasi.

Bagi Anda yang tergolong atau sesuai dengan syarat musafir tapi tetap ingin berpuasa, Anda tetap dapat melaksanakannya sesuai dengan kemampuan dan kondisi kesehatan.

Tidak disarankan untuk memaksakan kehendak demi keselamatan dan kenyamanan perjalanan mudik Anda. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: