Perang Gaza Berpotensi Meluas! Israel dan AS Persiapkan Serangan Balasan dari Iran

Perang Gaza Berpotensi Meluas! Israel dan AS Persiapkan Serangan Balasan dari Iran

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant-Drew ANGERER-AFP

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menyatakan siap menghadapi Iran bersama Amerika Serikat.

Hal ini merespon rencana serangan balasan dari Iran setelah Israel menghancurkan Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Syiria.

Sikap ini merupakan tekad bersama setelah pembicaraannya dengan Kepala Komando Pusat AS Michael Kurilla.

“Musuh-musuh kita berpikir bahwa mereka dapat memisahkan Israel dan Amerika Serikat, namun yang terjadi justru sebaliknya – mereka menyatukan kita dan memperkuat hubungan kita”, ujar Gallant, dikutip dari AFP pada 12 April 2024.

“Kami berdiri bahu-membahu,” kata Gallant. Ia turut menambahkan: “Kami siap mempertahankan diri di darat dan di udara, bekerja sama erat dengan mitra kami, dan kami akan tahu bagaimana meresponsnya.”

BACA JUGA:Serangan Bom Israel di Hari Lebaran Tewaskan Putera dan Cucu Pimpinan Hamas

Israel mengatakan pihaknya akan memperkuat pertahanan udara dan menghentikan sementara cuti unit tempur. 

Pasca serangan udara yang menghantam Iran di Suriah – yang diduga dilakukan Israel, Iran mengancam akan menuntut balas. Tragedi tersebut diketahui menelan 11 korban, termasuk 2 petinggi Pasukan Al-Quds.

Kedua atase militer ini adalah Brigjen Mohammad Reza Zahedi dan Brigjen Mohammad Hadi Haji Rahimi. Kematian kedua petinggi Al-Quds ini tentu akan berdampak pada unit pasukannya.

BACA JUGA:PM Spanyol Desak Penyelidikan Kematian 7 Relawan WCK, Israel Janjikan Transparansi Kasus

Kekhawatiran bahwa Iran akan segera melancarkan serangan balasan mendorong Prancis untuk merekomendasikan pada hari Jumat, agar warganya menghindari perjalanan ke wilayah tersebut.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan pada hari Kamis, bahwa Iran tidak punya pilihan selain menanggapi serangan mematikan terhadap misi diplomatiknya.

Keputusan ini diambil setelah Dewan Keamanan PBB dirasa gagal mengambil tindakan.

Meskipun ada ketegangan diplomatik mengenai tindakan Israel dalam perang Gaza, Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Rabu bahwa Iran “mengancam akan melancarkan serangan signifikan terhadap Israel,” dan menjanjikan dukungan “kuat” untuk sekutu regional utamanya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: afp