Antisipasi Kemacetan, Pemerintah Tambah Jumlah Perjalanan Kapal dan Kapasitas Penyeberangan Panjang-Ciwandan

Antisipasi Kemacetan, Pemerintah Tambah Jumlah Perjalanan Kapal dan Kapasitas Penyeberangan Panjang-Ciwandan

Pemudik bergerak menuju dermaga Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten yang dijadikan pelabuhan pembantu untuk mengatasi kepadatan pelabuhan Merak-BKIP Kemenhub-

Ketiga kapal tersebut masing-masing berangkat pada pukul 12.00, 14.00, serta 16.00 WIB. Sehingga tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Bakauheni. 

“Masyarakat dapat menggunakan Pelabuhan Panjang secara maksimal. Kapal di sini menyeberang ke Pelabuhan Ciwandan, lalu sampai sana akan dikawal Kepolisian,” kata Menhub.

BACA JUGA:Belajar dari Kecelakaan Bus Rosalia Indah, Kemenhub Kini Wajibkan Penggunaan Sabuk Pengaman di Bus

Pria asal Palem, Sumatera Selatan ini berharap, upaya antisipasi yang telah disiapkan ini dapat memastikan kelancaran dan keamanan arus balik penyeberangan dari Sumatera ke Jawa.


Pemudik motor menaiki kapal ferry penyeberangan Jawa-Sumatera dari Pelabuhan Ciwandan, Banten-Kemenhub-

Pada kesempatan yang sama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan upaya maksimal telah dilakukan pemerintah untuk mengurai kepadatan.

Namun faktor cuaca akan tetap menjadi penentu.

“Tentu ada beberapa faktor determinan yang kita tidak bisa lalukan rekayasa maksimal yaitu cuaca dan gelombang. Mudah-mudahan cuaca dan gelombang baik-baik saja sehingga tidak mengganggu waktu perjalanan penyeberangan kapal,” ucapnya.(*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: