5 Kunci Sukses Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, dari Transfer sampai Xabi Alonso

5 Kunci Sukses Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, dari Transfer sampai Xabi Alonso

5 KUNCI sukses Bayer Leverkusen juara Bundesliga, dari transfer sampai Xabi Alonso.-Ina Fassbender -AFP

BACA JUGA:Leverkusen vs Fortuna Dusseldorf 4-0: Skuad Xabi Alonso Makin Dekat dengan Trofi DFB Pokal

4. Kepercayaan Diri


5 KUNCI sukses Bayer Leverkusen juara Bundesliga, dari transfer sampai Xabi Alonso. Foto: Pemain Leverkusen merayakan kemenangan 3-0 atas Bayern Munchen. -Ina-AFP

Apa kunci Bayer Leverkusen bisa menyapu 43 pertandingan tanpa kalah? Skill dan taktik? Sudah pasti. Tapi, yang tak kalah penting adalah kekuatan mental.

Leverkusen adalah spesialis menang di menit-menit akhir. Striker Patrik Shcick saja mencetak 4 gol saat injury time. Itu terjad baik di Bundesliga maupun Europa League.

"Kami memiliki mentalitas seperti ini dalam berbagai pertandingan kunci musim ini. Karakter untuk comeback, untuk tidak menyerah di saat-saat sulit. Itu sangat membantu kami," ungkap Xabi Alonso kepada Bild. Harus diakui, kepandaian Xabi membangun mental pemainnya luar biasa!

BACA JUGA:Wow! Xabi Alonso Tolak Bayern Munchen dan Liverpool, Pilih Bertahan di Leverkusen

BACA JUGA:Leverkusen vs Qarabaq 3-2: Comeback Ajaib Tim Xabi Alonso!

5. Rotasi Cerdas


5 KUNCI sukses Bayer Leverkusen juara Bundesliga, dari transfer sampai Xabi Alonso. Foto: Nathan Tella jadi penyelamat di berbagai laga.-Ina Fassbender -AFP

Bermain di tiga kompetisi sekaligus Bundesliga, DFB Pokal, dan Europa Legaue hanya berarti dua hal. Jadwal padat dan istirahat minim. Liga Europa membuat para pemain Leverkusen terbang ke Norwegia, Swedia, dan Azerbaijan (dua kali!).

Namun, Xabi Alonso bisa menemukan keseimbangan untuk mengistirahatkan pemain kunci sambil menjaga agar skuad intinya tetap fit dan menang. Ia berhasil meyakinkan pemain seperti winger Nathan Tella, yang seringnya duduk di bangku cadangan Bundesliga, siap tempur di liga Eropa. Sejak putaran kedua musim, ia mencetak banyak gol dan assist penting.

Itulah 5 kunci sukses Leverkusen menjuarai Bundesliga musim ini. Jika diperhatikan, empat dari lima poin di atas adalah kontribusi Xabi Alonso. Bayer Leverkusen perlu memberi apresiasi sebesar-besarnya pada pelatih 42 tahun itu! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber