Rentan Jatuh Sakit Setelah Lebaran, Ikuti 5 Saran ini Agar Anda Tetap Sehat dan Bugar!

Rentan Jatuh Sakit Setelah Lebaran, Ikuti 5 Saran ini Agar Anda Tetap Sehat dan Bugar!

Lebaran telah usai, kini banyak orang menderita sakit setelah merayakan hari kemenangan ini. Anda bisa mengikuti beberapa tip berikut agar tetap sehat dan bugar. --iStock

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Lebaran menjadi momen yang identik dengan suguhan makanan lezat. Kendati demikian, penting bagi Anda untuk berhati-hati dalam memilih asupan makanan.

Pasalnya, terdapat sejumlah penyakit setelah Lebaran yang rentan terjadi jika tidak menjaga pola makan, seperti diare, sindrom dispepsia, radang tenggorokan, hingga diabetes.

Setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa Ramadan, lalu disusul dengan Lebaran, banyak orang yang justru jatuh sakit. Fenomena ini selalu terjadi dari tahun ke tahun.

BACA JUGA: Penggunaan Kendaraan Listrik Meningkat Selama Mudik Lebaran 2024, Jumlah SPKLU Naik Dua Kali Lipat

Fasilitas kesehatan mendadak ramai dikunjungi pasien setelah Lebaran. Padahal, banyak orang yang sehat-sehat saja selama sebulan berpuasa. Mengapa demikian?

Lebaran belum lengkap jika tidak menyantap makanan dan minuman yang sedap, seperti ketupat, ayam opor, hingga kue. Namun Anda harus tetap waspada karena jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan berbagai penyakit.

Terdapat berbagai macam penyakit yang sering muncul setelah Lebaran jika mengonsumsi makanan berlemak dan minuman manis secara berlebihan.

BACA JUGA: Jelang Musim Panas, Jaga Anak Agar Tetap Terhidrasi

Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengatur diri agar tetap fit selama beraktivitas. Berikut tip yang bisa Anda ikuti agar tubuh tetap sehat dan bugar setelah Lebaran.

 

1. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Bagaimanapun juga, kondisi tubuh seseorang berdasarkan apa yang dikonsumsi dan gaya hidup mereka. Saat melihat banyak sajian khas Lebaran di meja makanan, banyak orang kalap dan mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Memang hal tersebut susah dihindari karena Lebaran menjadi ajang silaturahmi dengan aneka makanan dan minuman yang beraneka ragam. Inilah yang menarik hati banyak orang.

BACA JUGA: Lebaran Ketupat, Polres Bangkalan Amankan Lomba Perahu Hias

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: