Penggunaan Kendaraan Listrik Meningkat Selama Mudik Lebaran 2024, Jumlah SPKLU Naik Dua Kali Lipat

Penggunaan Kendaraan Listrik Meningkat Selama Mudik Lebaran 2024, Jumlah SPKLU Naik Dua Kali Lipat

PLN menyediakan SPKLU di 56 titik di seluruh Jawa Timur dengan 176 personil siaga selama 24 jam-Media PLN UID Jawa Timur-Media PLN UID Jawa Timur

SURABAYA, HARIAN DISWAY PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur mencatat peningkatan jumlah transaksi di 126 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024.

Peningkatan jumlah SPKLU dilakukan PLN untuk melayani pemudik yang menggunakan kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV).

Lokasi SPKLU tersebar di 56 titik di seluruh Jawa Timur ditambah 176 personil siaga selama 24 jam.

Tercatat mulai April hingga 16 April 2024, terdapat lebih dari 1.280 transaksi di SPKLU PLN Jawa Timur atau rata-rata 85 transaksi per hari. Angka itu meningkat dua kali lipat dibandingkan hari biasa yang hanya mencapai 40 transaksi per hari.

BACA JUGA:PLN Dukung Transisi Energi, Hadirkan 65 SPKLU di Tol Trans Jawa Timur untuk Kendaraan Listrik Ketika Mudik Lebaran


Bagi para pemudik, Anda perlu mengetahui sejumlah titik lokasi SPKLU. Apalagi puncak arus mudik telah dimulai pada 6 April 2024 dan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 15 April 2024. --Disway.id

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo menjelaskan bahwa peningkatan penggunaan kendaraan listrik selama mudik Lebaran juga mempengaruhi konsumsi daya SPKLU PLN.

Konsumsi daya yang dihitung PLN mencapai 24.975 kWh pada periode 1 hingga 16 April 2024. Keberadaan SPKLU PLN sudah tersebar di beberapa lokasi strategis di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Bali. 

PLN juga menambahkan fitur baru, yakni Trip Planner di Aplikasi PLN Mobile. Fitur tersebut memudahkan pengguna kendaraan listrik untuk merencanakan perjalanan mereka, serta melihat SPKLU terdekat. 

Hal ini untuk meminimalisir kejadian kehabisan day baterai di tengah jalan.

BACA JUGA:PLN Dukung Hilirisasi Mineral, Pasok Listrik 110 MVA ke Smelter Freeport Gresik


PLN Persero menyediakan 65 unit SPKLU di 23 lokasi Rest Area untuk melayani kebutuhan pemudik kendaraan listrik-Media PLN UID Jawa Timur-

"Ketersediaan SPKLU PLN di seluruh Rest Area dan tempat-tempat strategis dari Sumatera, Jawa hingga Bali menjadi sinyal positif bagi pengguna kendaraan listrik, sehingga tidak sedikit pemudik yang menggunakan mobil listrik," ujar Agys Kuswardoyo. 

"Masyarakat merasa semakin tenang dan nyaman menggunakan kendaraan listrik, apalagi dapat merencanakan perjalanannya melalui fitur Trip Planner di Aplikasi PLN Mobile," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: