Rp 97 Miliar untuk Pembangunan Jalur Pansela di Jatim

Rp 97 Miliar untuk Pembangunan Jalur Pansela di Jatim

Salah satu jalur yang ada di Pansela Jawa.-Kementerian PUPR-

HARIAN DISWAY – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyiapkan anggaran Rp 97 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan di jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Timur. Itu dikatakan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja.

"Pada TA (Tahun anggaran) 2024 dialokasikan anggaran sebesar Rp 97 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan sepanjang 3,4 kilometer (di jalur Pansela). Salah satunya jalan dan jembatan Bululawang-Sidomulyo-Tambakrejo," ujar juru bicara Kementerian PUPR dalam keterangannya, Selasa, 16 April 2024.

Menurut Endra, pembangunan jalan Pansela perlu terus didorong agar segera terealisasi. Apalagi, jalan yang melintasi lima provinsi di Pulau Jawa itu diyakini mampu mendongkrak sektor pariwisata daerah setempat. Ia juga mengklaim, rampungnya Jalur Pansela bisa mengurangi beban lalu lintas di jalan tol Trans Jawa dan Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa. Utamanya saat arus mudik atau balik libur lebaran.

BACA JUGA:Pemprov Jatim Bantu Trenggalek Bebaskan Jalur Pansela, Butuh Rp 200 Miliar!

BACA JUGA:Suguhkan Pemandangan Indah, Jalur Pansela Jadi Opsi Mudik Lebaran 2024

Adapun lima provinsi yang dilewati yakni Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi DI Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Timur. Di Jawa Timur, Jalan Pansela memiliki panjang sekitar 628 kilometer yang membentang dari Kabupaten Pacitan hingga Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, pada tahun 2024, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim - Bali juga akan melanjutkan penanganan jalan dan jembatan sepanjang 202 kilometer. Meliputi Jalan Pansela Kabupaten Lumajang, Jember, dan Banyuwangi.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menargetkan pembangunan Jalan Pansela rampung dalam lima tahun ke depan. Hal itu dikatakan Kepala melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim Mohammad Yasin. 

Dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Yasin mengatakan penyelesaian Jalan Pansela menjadi salah satu target utama Pemprov Jatim.

BACA JUGA:3 Ruas Jalur Pansela Jatim Sepanjang 90 Km Rampung dan Siap Diresmikan.

BACA JUGA:Jalur Pansela di DIY Rampung Tahun 2024

Berdasarkan dokumen RPJPD, panjang jalan yang sudah terbangun sekitar 350 kilometer. Artinya, progres pembangunan baru 55-60 persen dari target. "Pokoknya target kita maksimal lima tahun ini harus tuntas sepanjang pemerintah pusat komit. Kita ini berat kalau tidak segera selesai," tandas Yasin. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: