Jadi Destinasi Wisata Favorit Jatim, Telaga Sarangan Catat 23 Ribu Pengunjung saat Libur Lebaran 2024

Jadi Destinasi Wisata Favorit Jatim, Telaga Sarangan Catat 23 Ribu Pengunjung saat Libur Lebaran 2024

Telaga Sarangan alami peningkatan pengunjung hingga 21 ribu wisatawan pada momen libur Lebaran 2024. --Disbudpar Magetan

HARIAN DISWAY - Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan di Jawa Timur selama momen libur Lebaran 2024.

Pasalnya, dari hasil pemantauan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut destinasi wisata satu ini berhasil meraup sekitar 23.911 pengunjung pada 13 April 2024.

Di Jawa Timur tertinggi adalah di Telaga Sarangan,” papar Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Nia Niscaya dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno yang diadakan di Jakarta pada Selasa, 16 April 2024.

Ia menambahkan, bersamaan dengan peningkatan pengunjung, okupansi hotel di sekitar wisata Telaga Sarangan turut meningkat hingga 60-90 persen.

BACA JUGA: Diprediksi Arus Lalin Surabaya Sepi Saat Lebaran, Dishub Penguatan di Tempat Wisata

Sejalan dengan data tersebut, Kepala Bidang Pengelolaan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Magetan Eka Radityo turut mengklaim Telaga Sarangan memang masih menjadi opsi utama bagi wisatawan. Khususnya saat libur Lebaran.

Menurut Eka, peningkatan kunjungan wisatawan di Telaga Sarangan sudah terjadi sejak awal libur Lebaran. Tercatat ada sekitar 3 ribu pengunjung pada saat itu.

Lebih lanjut, data survei Kemenparekraf menunjukkan destinasi wisata favorit libur Lebaran kali ini memang didominasi oleh wilayah Pulau Jawa.

BACA JUGA: Khofifah Ajak Pemudik Kunjungi Destinasi Wisata di Jawa Timur

Selain Telaga Sarangan yang jadi primadona di Jawa Timur, lonjakan pengunjung juga terjadi di Pantai Menganti dan Borobudur yang berada di Jawa Tengah.

Di Pantai Menganti, tercatat ada lonjakan pengunjung tertinggi, yakni mencapai 21.952 pengunjung pada 13 April 2024. Sedangkan di Borobudur, tercatat ada 13.708 pengunjung pada 12 April 2024.

Bersamaan dengan peningkatan jumlah pengunjung, tingkat okupansi hotel di daerah wisata Pantai Menganti dan Borobudur sendiri meningkat hingga 75-80 persen. (Isro Nur Siti Khotidjah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: