18 April Diperingati Sebagai Hari Diabetes Nasional, Berikut Penjelasan tentang Diabetes Melitus

18 April Diperingati Sebagai Hari Diabetes Nasional, Berikut Penjelasan tentang Diabetes Melitus

18 April diperingati sebagai Hari Diabetes Nasional, ini sejarah dan tujuannya.-Polina Tankilevitch-Pexels


18 April diperingati sebagai Hari Diabetes Nasional, ini sejarah dan tujuannya. Foto: dessert sehat untuk pengganti makanan-makanan manis tinggi karbohidrat.-Jane Trang Doan-Pexels

"Kalau sudah nyemplung ke diabetes, tidak bisa kembali lagi menjadi normal tidak bisa lagi menjadi pra diabetes," jelas Dr Gunawan, SpPD, spesialis penyakit dalam RS Medistra, dalam sebuah seminar daring beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Peringati World Diabetes Day 2023, Lions International Distric 307 B2 Region 4, 5, dan 6 Ajak Happy bersama Diabetes

Dr Gunawan menjelaskan, ketika penderita diabetes memiliki kadar gula normal atau pemeriksaan HbA1c berada di angka 5,7 persen, itu bukan berarti mereka sembuh dari diabetes. Hanya saja, diabetesnya telah terkontrol.

"Diabetes itu belum bisa sembuh sampai sekarang," kata Dr Gunawan. "Sama seperti darah tinggi itu tidak bisa sembuh, jadi bisanya kita kontrol saja, karena sudah mulai ada kerusakan (di dalam tubuh, Red)," lanjutnya.

Bagi yang sudah menderita diabetes, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar gula darah. Dr Gunawan menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan melakukan olahraga kardio secara teratur.

Target aktivitas fisik yang direkomendasikan adalah 150 menit per pekan. Itu adalah langkah proaktif yang bisa kita lakukan dalam upaya pencegahan dan pengelolaan diabetes.


Simak Caranya, Penyandang Diabetes Melitus Bisa Tetap Bugar di Bulan Ramadan! Buah dan makanan berserat wajib dikonsumsi untuk keseimbangan nutrisi dalam tubuh.-Jane Doan-Pexels-

BACA JUGA:Peringati Hari Diabetes Dunia, IDI Bagikan Informasi Gejala dan Komplikasi Diabetes Melitus

BACA JUGA:Indonesia Masuk Peringkat 5 Negara Penyumbang Diabetes Terbanyak di Dunia, Lebih dari 19 Juta

"Jadi kita bisa mencegah diabetes dengan cara menurunkan faktor risiko kita. Misalnya menurunkan berat badan, melakukan aktivitas fisik yang teratur, menjaga makanan, dan minum obat," jelas Gunawan.

Hari Diabetes Nasional ditetapkan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam tentang diabetes. Termasuk upaya pencegahan, pengelolaan, dan penanganannya.

Kementerian Kesehatan RI secara konsisten mengadvokasi gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang seimbang, berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan yang sehat sebagai langkah-langkah untuk mengurangi risiko diabetes.

BACA JUGA:Kenali Risiko Diabetes Tipe 2, Pahami Cara Pencegahannya

Penyakit diabetes bukanlah masalah sepele. Dengan peningkatan jumlah penderita setiap tahunnya, penting bagi masyarakat untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah dan mengelola penyakit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber