18 April Diperingati Sebagai Hari Diabetes Nasional, Berikut Penjelasan tentang Diabetes Melitus

18 April Diperingati Sebagai Hari Diabetes Nasional, Berikut Penjelasan tentang Diabetes Melitus

18 April diperingati sebagai Hari Diabetes Nasional, ini sejarah dan tujuannya.-Polina Tankilevitch-Pexels

HARIAN DISWAY - Hari ini, 18 April 2024, diperingati sebagai Hari Diabetes Nasional. Peringatan ini bukan sekadar seremonial. Tetapi sebuah panggilan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan pencegahan Diabetes.

Artikel ini akan membahas tentang sejarah di balik peringatan Hari Diabetes Nasional.

Pada awalnya, inisiatif peringatan Hari Diabetes Nasional diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Sebagai bagian dari upaya edukasi masyarakat mengenai dampak dan pencegahan penyakit ini.

BACA JUGA: Simak Caranya, Penyandang Diabetes Melitus Bisa Tetap Bugar di Bulan Ramadan!

Menurut laporan dari International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes tipe 1 (diabetes melitus) di Indonesia pada 2022 mencapai angka yang mencengangkan. Yakni sekitar 41,8 ribu orang.


Sejarah peringatan Hari Diabetes Nasional 18 April. --ilustrasi

Data itu menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes tipe 1 tertinggi di ASEAN. Dan bahkan menduduki peringkat ke-34 di antara 204 negara di seluruh dunia.

Diabetes Mellitus

Menurut World Health Organization (WHO), diabetes melitus adalah suatu penyakit metabolik kronis yang disebabkan oleh berbagai hal. Ia ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein karena kekurangan insulin.

BACA JUGA:Menu Sahur dan Berbuka untuk Penderita Diabetes

BACA JUGA:Hati-Hati, Anak Bisa Kena Diabetes Karena Minum Susu Jenis Ini

Ini berarti tubuh tidak mampu menggunakan glukosa secara efektif, yang pada gilirannya meningkatkan kadar gula darah.

Diabetes adalah penyakit yang serius. Ketika gula darah tinggi tidak terkontrol, ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk masalah jantung, stroke, kerusakan saraf, kerusakan ginjal, dan gangguan mata. Oleh karena itu, penting untuk memahami penyakit ini dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Ya, diabetes harus dicegah. Karena penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Sebelum mencapai diabetes, seseorang akan melalui tahap normal, pra diabetes, dan akhirnya menjadi diabates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber