Peringati World Diabetes Day 2023, Lions International Distric 307 B2 Region 4, 5, dan 6 Ajak Happy bersama Diabetes

Peringati World Diabetes Day 2023, Lions International Distric 307 B2 Region 4, 5, dan 6 Ajak Happy bersama Diabetes

Distric Governor 307 B2 FX Teguh Kinarto memberikan sambutan sebelum membuka acara peringatan Hari Diabetes Sedunia yang biasa diperingati pada 14 November 2023. -Majalyn Nadhiranisa R/HARIAN DISWAY-

HARIAN DISWAY - Suasana gembira tergambar dari peringatan World Diabetes Day 2023 yang diselenggarakan oleh Lions International Distric 307 B2 Region 4, 5, dan 6, pada Minggu, 26 November 2023 lalu.

BACA JUGA: Kenali Risiko Diabetes Tipe 2, Pahami Cara Pencegahannya

Sejak pagi pukul 05.30 halaman parkir Grand City Mall Surabaya itu sudah dipenuhi ribuan peserta. Mereka berkumpul untuk menandai Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada 14 November.
Penyuluhan eco enzyme oleh tim Liongs Club yang diberikan agar masyarakat tahu manfaat cairan serbaguna untuk bersih-bersih rumah, deterjen, pertanian, hingga hewan ternak. -Majalyn Nadhiranisa R/HARIAN DISWAY-

Rata-rata mereka mengenakan pakaian dengan dress code putih dan ungu. Selain anggota Lions Club sendiri, mereka datang dari berbagai komunitas. Di antaranya 30 Lansia Werda dari Kelurahan Jangkungan Nginden yang dipimpin Emi Siswoyo.
Ketua panitia Sri Juliati Nirawan yang juga Ketua Komite Diabetes di Lions Club itu menegaskan bahwa banyak sekali kegiatan yang diadakan untuk bisa diikuti oleh semua orang baik penderita diabetes dan bukan. -Majalyn Nadhiranisa R/HARIAN DISWAY-

Setelah dibuka oleh District Governoor 307 B2 FX Teguh Kinarto, acara pun bergulir dengan seru. Menurut ketua panitia Sri Juliati Nirawan, banyak sekali kegiatan yang diadakan hari itu. ”Semua rangkaian acara kami pilih agar diikuti oleh semua orang,” ujar Ketua Komite Diabetes di Lions Club itu.

Ada dua penyuluhan. Salah satunya tentang eco enzyme. Selain itu penyuluhan diabetes tentang Hubungan Diabetes dengan Kesehatan Kulit dan Anti-aging yang disampaikan dr Edy Subagiyo MR.
Penyuluhan diabetes tentang Hubungan Diabetes dengan Kesehatan Kulit dan Anti-aging yang disampaikan dr Edy Subagiyo MR. -Majalyn Nadhiranisa R/HARIAN DISWAY-

“Mengatasi diabetes banyak cara. Tak hanya obat melainkan dengan membuat diri bahagia. Di antaranya seringlah berkumpul dengan teman-teman seperti hari ini,” katanya. 

Selanjutnya semua yang hadir mengambil posisi untuk melakukan senam. Sekitar seribu orang mengikuti gerakan yang dituntun oleh instruktur dari PORSI (Penggemar Olahraga Senam Indonesia).
Senam yang diikuti oleh seribu orang yang tergabung dalam PORSI ini menjadi salah satu agenda World Diabetes Day 2023 oleh Lions International Distric 307 B2 Region 4, 5, dan 6, pada Minggu, 26 November 2023. -Majalyn Nadhiranisa R/HARIAN DISWAY-

Sementara itu, selama peringatan berlangsung, setiap orang yang datang bisa melakukan cek gula darah. Tak hanya memberikan pemeriksaan, peserta yang membutuhkan konsultasi kedahatan dengan dokter pun langsung dilayani di tempat.
Yang tertarik untuk konsultasi dengan dokter estetika juga bisa memeriksakan kesehatan kulitnya. -Majalyn Nadhiranisa R/HARIAN DISWAY-

Sebagian tertarik dengan pelayanan konsultasi dokter estetika. ”Semua itu kami berikan gratis,” ujar perempuan yang karib disapa Juli itu. Tak ketinggalan keriuhan area bazaar yang membeber berbagai jenis kebutuhan.

Dijelaskan Juli bahwa Hari Diabetes Sedunia rutin diperingati oleh Lions Club untuk mengedukasi masyarakat tentang betapa berbahayanya penyakit tersebut. Tahun ini, peringatan Hari Diabetes Sedunia mengambil tema Access to Diabetes Care atau akses terhadap perawatan diabetes yang setara.
Ada pemeriksaan gula darah yang diberikan secara gratis lengkap dengan konsultasi kesehatan. -Majalyn Nadhiranisa R/HARIAN DISWAY-

Artinya, setiap pasien diabetes harus mendapatkan akses perawatan yang tepat. Fokus tahun ini lebih kepada pencegahan diabetes tipe-2 sekaligus komplikasi yang diakibatkannya. Termasuk akses pengobatan yang setara.

BACA JUGA: Ini 10 Gejala Tak Umum Penyakit Diabetes, Banyak yang Tak Menyadari

“Yang penting acara ini bisa membuat siapa saja baik yang penderita atau bukan bisa happy karena itulah kunci untuk bisa mengatasi segala penyakit,” ujarnya. (Heti Palestina Yunani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: