Kutukan Politik di Sidoarjo

Kutukan Politik di Sidoarjo

ILUSTRASI Gus Muhdlor. Ia jadi tersangka korupsi.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

ALL POLITICS IS LOCAL, semua urusan politik pada dasarnya bersifat lokal. Begitu adagium politik yang populer di Amerika Serikat pada 1930-an.

Yang memopulerkan dan sering mengutip adagium itu ialah Tip O’Neill, mantan ketua DPR Amerika Serikat. Dalam berbagai kesempatan, O’Neill sering memakai ungkapan itu. Meskipun, diyakini ia bukan penemunya.

Yang dimaksud dengan adagium itu adalah meskipun sebuah peristiwa politik itu berskala nasional, pada akhirnya tetap bermuara pada politik lokal. Setidaknya, politisi nasional harus menguasai persoalan-persoalan lokal.

BACA JUGA: Gus Muhdlor Mangkir Pemeriksaan KPK, Ini Alasannya... 

BACA JUGA: Profil Ahmad Muhdlor Ali, Bupati Sidoarjo Tersangka KPK

Sebab, pada akhirnya, setiap sekali dalam lima tahun sang politisi harus berjuang merebut suara pendukung lokal untuk mempertahankan posisinya dalam lembaga legislatif.

Politik Indonesia juga mencerminkan kondisi itu. Semua peristiwa politik yang berskala nasional mempunyai korelasi dengan politik lokal. Demikian pula politik lokal akan membawa dampak pada level nasional.

Salah satu peristiwa lokal yang berdimensi nasional adalah ditersangkakannya Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali pekan ini. Banyak yang menduga Muhdlor akan kedap dari kasus korupsi potongan insentif pajak karena sudah menyerah dan pasrah kepada rezim penguasa yang mendukung Prabowo-Gibran pada pilpres tahun ini.

BACA JUGA: Gus Muhdlor Masih Bupati sampai Kasusnya Berkekuatan Hukum Tetap

BACA JUGA: Kata Gus Muhdlor Usai Ditetapkan Sebagai Tersangka Oleh KPK: Mohon Doa dari Seluruh Masyarakat Sidoarjo

Kisah korupsi Muhdlor terasa dramatis karena diwarnai dengan pengejaran terhadap Muhdlor yang diduga melarikan diri. Hanya berselang beberapa hari kemudian, Pesantren Bumi Sholawat pimpinan KH Agoes Ali Mashuri mengadakan deklarasi dukungan kepada 02. 

Bukan hanya Muhdlor yang berbaiat setia kepada Prabowo-Gibran. Kakaknya, Saikhul Islam, anggota DPR RI dua periode dari PKB, dan adiknya, Amad Yani, bupati Gresik, juga berbaiat setia kepada 02.

Peristiwa lokal itu merupakan ramifikasi dari peristiwa politik nasional, terutama ramainya isu penggunaan politik sandera. Banyak pejabat yang tersandera oleh kasus hukum dan tidak berdaya untuk melawan.

BACA JUGA: Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Hadapi Jumat Keramat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: