Jokowi Hadiri Peringatan Otoda 2024 di Surabaya, 137 Traffic Light Dijaga Ketat

Jokowi Hadiri Peringatan Otoda 2024 di Surabaya, 137 Traffic Light Dijaga Ketat

Jelang Otoda 2024 di Surabaya, sejumlah pengamanan mulai dilakukan Satpol PP Kota Surabaya.-Dok Pemkot Surabaya -Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXXVIII akan diselenggarakan besok, Kamis, 25 April 2024 di SURABAYA. Presiden Joko Widodo dan seluruh kepala daerah se-Indonesia dijadwalkan hadir dalam acara tersebut. 

BACA JUGA:Presiden Dijawalkan Hadir di Puncak Hari Otoda Surabaya, Berikan Penghargaan Bagi Kepala Daerah Berprestasi

Dua agenda penting sudah disiapkan oleh Kemendagri. Yakni Upacara Peringatan Hari Otoda Tahun 2024 dan Malam Apresiasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda). Sebanyak 15 kepala daerah akan menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Terdiri dari 2 gubernur, 6 wali kota, dan 7 bupati.

Jelang Otoda 2024 di Surabaya, sejumlah pengamanan mulai dilakukan Satpol PP Kota Surabaya. Penertiban dan penjagaan dilakukan di ruas-ruas jalan. Tujuan sebagai antisipasi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. 


Jelang Otoda 2024 di Surabaya, sejumlah pengamanan mulai dilakukan Satpol PP Kota Surabaya-Dok Pemkot Surabaya -Harian Disway

Kabid Pengendalian Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat Satpol PP Surabaya Irna Pawanti mengatakan, pengamanan sudah dimulai sejak Selasa 23 April 2024. Dan terus berlanjut hingga Minggu, 28 April 2024. Personel Satpol PP telah ditempatkan di ratusan titik Traffic Light di Kota Pahlawan.

BACA JUGA:Gibran dan Bobby Bakal Terima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha di Surabaya

BACA JUGA:Ajak Anak Autis Lebih Percaya Diri, Rumah Anak Prestasi Gratis Bagi Warga Surabaya

“Di Surabaya ini kami punya 137 Traffic Light, kami lakukan penjagaan mulai pagi hari sampai malam hari, tujuannya untuk mengantisipasi adanya pengemis, sulak-sulak, maupun Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Nanti akan kami jangkau untuk diproses selanjutnya,” jelasnya, Rabu, 24 April 2024.

Beberapa titik bahkan diberi penjagaan lebih ketat. Di antaranya di Balai Kota, Mangrove, Siola, Tugu Pahlawan, dan Rumah Lahir Bung Karno di Jalan Peneleh Surabaya. Para tamu undangan akan melakukan city tour.

"Di sana akan kami tempatkan personel mulai dari sepanjang jalan hingga spot destinasi,” ujarnya.

BACA JUGA:Sah! Prabowo-Gibran Jadi Pasangan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

Pengamanan juga dilakukan lintas sektor, termasuk jajaran kepolisian dan TNI. Satpol PP Surabaya juga melakukan sejumlah penertiban di pedestrian seluruh Surabaya. Ini dilakukan agar dapat memberikan rasa nyaman dan aman kepada para tamu undangan pada saat Peringatan Hari Otoda 2024.

“Kami juga telah menyiapkan tiga tim penjagaan, tim Jatisuro yang berjaga di lampu merah, tim Jolodoro petugas kami yang berjaga di pedestrian menggunakan sepeda angin, serta tim patroli kota,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: