Masak Lebih Aman dan Efisien, Ini Tip Menarik Buat Para Mama Memilih Alat Masak yang Awet

Masak Lebih Aman dan Efisien, Ini Tip Menarik Buat Para Mama Memilih Alat Masak yang Awet

Masak memang menjadi aktivitas sehari-hari tuk menyiapkan santapan yang lezat sebagai hidangan keluarga. Buat para mama, pastikan memilih alat masak yang aman dan awet, ya! --Shutterstock

2. Perhatikan keamanan dan desain ergonomis


Pilihlah alat masak dengan desain yang ergonomis di mana bisa membantu Anda mempermudah proses memasak dan lebih efisien. --Pexels/Mister Mister

Keamanan dan desain ergonomis adalah aspek penting dalam menjaga peralatan masak tetap awet dan meningkatkan pengalaman memasak. Keamanan berkaitan dengan sejauh mana peralatan masak dirancang untuk mengurangi risiko cedera dan bahaya saat digunakan. 

Peralatan masak yang aman memiliki fitur-fitur seperti pegangan yang kuat, tahan panas, dan anti selip untuk mencegah kecelakaan seperti luka bakar atau tumpahan.

Selain itu, peralatan yang aman juga memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung zat berbahaya yang bisa terlepas ke makanan selama proses memasak.

BACA JUGA: Siapa Bilang Tongseng Kambing Mahal? Di Hotel Ini Masakan itu Jadi Pilihan Buka Puasa yang Hemat

Desain ergonomis juga perlu diperhatikan agar peralatan masak menjadi nyaman dan mudah digunakan. Desain ergonomis memfokuskan pada kemudahan dalam memegang, mengangkat, dan mengoperasikan peralatan masak, sehingga mengurangi tekanan pada tangan dan tubuh. 

3. Kemampuan distribusi panas yang baik

Kemampuan distribusi panas yang baik pada peralatan masak adalah faktor penting dalam menjaga keawetan dan kualitas alat masak tersebut.

Ketika panas didistribusikan secara merata di seluruh permukaan alat masak, makanan akan matang secara konsisten tanpa adanya titik panas yang berlebihan atau area yang kurang matang.

BACA JUGA: Tak Cuma Hadir, Warga dari Tanah Merah Masak Makanan Bersamai untuk Kampanye Akbar di JIS

Distribusi panas yang baik mengurangi risiko makanan menempel atau terbakar di permukaan peralatan masak. Pastinya alat masak akan lebih mudah dibersihkan dan cenderung tidak mengalami kerusakan akibat residu yang terbakar.

Memilih peralatan masak dengan distribusi panas yang baik tidak hanya mencakup kualitas memasak, tetapi juga memperpanjang umur alat masak dan mengurangi risiko kerusakan. 

4. Bebas dari bahan berbahaya

Bebas dari bahan berbahaya adalah aspek penting dalam memastikan peralatan masak awet dan aman digunakan. Bahan berbahaya seperti timbal, kadmium, dan perfluorooctanoic acid (PFOA), dapat merusak peralatan dan menimbulkan risiko kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: