Musuh Makin Banyak! 10 Negara Ini Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel

Musuh Makin Banyak! 10 Negara Ini Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel

Presiden Kolombia Gustavo Petro dalam perayaan Hari Buruh Internasional di Bogota pada Rabu, 1 Mei 2024, mengatakan akan memutus hubungan diplomatik dengan Israel pada hari Kamis.-Luisa Gonzalez-Reuters

HARIAN DISWAY - Beberapa negara telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, sebagai bentuk protes atas kebrutalan operasi militer Israel di Gaza.

Perang antara Hamas dan Israel Terhitung setidaknya telah berlangsung selama hampir 8 bulan lamanya.

Pecahnya perang ini menimbulkan berbagai reaksi dari publik serta lembaga-lembaga dari berbagai negara.

Seperti yang dilansir dari axios, tercatat 10 negara telah memutuskan hubungan diplomatik, dengan menarik duta besar kenegaraan dari wilayah Israel. 

BACA JUGA:Pembicaraan Gencatan Senjata Berlanjut, Netanyahu Sebut Akan Serang Rafah Dengan Atau Tanpa Kesepakatan

Negara-negara tersebut antara lain Bahrain, Belize, Bolivia, Chad, Chile, Kolombia, Honduras, Yordania, Turki, Afrika Selatan.

Pemutusan hubungan oleh Pemerintah Bahrain telah berlangsung sejak tahun 2023, dimana pihak pemerintahan telah menarik duta besar Bahrain untuk Israel serta memulangkan duta besar Israel untuk Bahrain.

Seperti halnya Bahrain, Pemerintahan Belize telah menangguhkan kegiatan diplomatiknya dengan Israel sejak bulan November 2023.

Belize juga mengutuk serangan Israel pada wilayah Gaza dan menyebut bahwa serangan tersebut melanggar hukum humaniter.


Kru pertahanan sipil menyelidiki mayat warga Palestina yang tewas dalam serangan militer Israel di Rumah Sakit Nasser di Khan Younis-Ramadhan Abed -Reuters

BACA JUGA:Pengadilan ICC Disebut Akan Terbitkan Surat Perintah Penangkapan Netanyahu Beserta Pejabat Pemerintahan Dan Militer Israel

Kemudian terdapat Bolivia, yang telah memutus hubungan diplomatiknya sejak serangan Israel pada bulan November tahun lalu.

Sebelumnya Bolivia sempat memutus hubungan diplomatik dengan Israel pada 2009, namun membangun hubungan diplomatik kembali pada 2020.

Chad juga telah menarik perwakilan diplomatiknya pada awal bulan november tahun lalu. Pemerintahan Chad mengutuk agresi Israel yang menewaskan banyaknya korban jiwa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: