Ingin Pankreas tetap Sehat, Berikut Berbagai Kiatnya...

Ingin Pankreas tetap Sehat, Berikut Berbagai Kiatnya...

Ingin pankreas tetap sehat, berikut berbagai kiatnya. Menjaga kesehatan pankreas dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah menjaga pola makan.-freepik-freepik.com

HARIAN DISWAY – Pankreatitis adalah kondisi medis serius yang ditandai dengan peradangan pada pankreas, organ vital yang terletak di belakang lambung. 

Pankreas memainkan peran penting dalam pencernaan dan produksi hormon yang mengatur kadar gula darah. Ketika pankreas meradang, hal itu dapat menyebabkan berbagai gejala. Termasuk sakit perut yang parah, mual, dan muntah

Ada dua jenis utama pankreatitis: akut dan kronis. Pankreatitis akut adalah kondisi mendadak dan berpotensi mengancam jiwa yang memerlukan perhatian medis segera. 

BACA JUGA:Tak Hanya Mengatasi Diare, Jambu Biji Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Ingin pankreas tetap sehat, berikut berbagai kiatnya. Menjaga kesehatan pankreas sangat penting. Salah satunya, batasi konsumsi alkohol.-jcomp-freepik.com

Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain batu empedu, konsumsi alkohol, dan obat-obatan tertentu. 

Sebaliknya, pankreatitis kronis adalah kondisi jangka panjang yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pankreas dan menyebabkan komplikasi seperti diabetes dan malnutrisi. 

Dokter Adi Rakesh Kumar, Konsultan Gastroenterologi, Ahli Endoskopi Terapi & Ahli Endokrinologi dari India, berbagi beberapa strategi untuk menjaga kesehatan pankreas, sebagai berikut:

BACA JUGA:6 Cara Cegah Dehidrasi Saat Musim Panas

Strategi Kesehatan Pankreas yang Optimal

Untuk menjaga pankreas dibutuhkan pola makan seimbang yang mengutamakan makanan utuh. Konsumsi buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

Membatasi lemak jenuh dan gula rafinasi mengurangi stres pada pankreas, sehingga mengurangi kemungkinan peradangan.

Obesitas merupakan faktor risiko pankreatitis yang signifikan. Memasukkan makanan dengan sifat anti inflamasi, seperti ikan berlemak dan kacang-kacangan, dapat semakin mendukung kesehatan pankreas.

BACA JUGA:6 Penyakit yang Muncul Akibat Gelombang Panas


Ingin pankreas tetap sehat, berikut berbagai kiatnya. Menjaga kesehatan pankreas dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menjaga hidrasi dengan mencukupi ketersediaan air bagi tubuh.-Kementerian Kesehatan RI-

Hidrasi adalah kunci untuk mencegah pankreatitis dengan mendukung pencernaan dan meminimalkan risiko pembentukan batu empedu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com