Uber Cup 2024: Tiongkok vs Indonesia 3-0, Perjuangan Gregoria Mariska Tunjung dkk Patut Diapresiasi

Uber Cup 2024: Tiongkok vs Indonesia 3-0, Perjuangan Gregoria Mariska Tunjung dkk Patut Diapresiasi

FINAL Uber Cup 2024: Tiongkok vs Indonesia 3-0. Foto, tim Indonesia berdiri di podium kedua Piala Uber 2024 di Hi-Tech Zone Sports Center, Chengdu, 5 Mei 2024.-Wang Zhao-AFP

HARIAN DISWAY - Tuntas sudah tugas tim Indonesia di Piala Uber 2024. Gregoria Mariska Tunjung finis sebagai runner-up dalam ajang tahunan itu. Mereka dikalahkan Tiongkok 0-3 dalam final yang digelar di Hi-Tech Zone Sports Center, Chendu, 5 Mei 2024.

Indonesia tidak dapat mencuri satu poin pun dari tuan rumah. Bahkan nyaris tidak dapat mencuri satu game. Sampai akhirnya Ester Nurumi Tri Wardoyo berjuang dalam runner game yang ketat melawan He Bing Jiao. Dia akhirnya menyerah 21-10, 15-21, 17-21.

Sebelumnya, Gregoria Mariska Tunjung kalah 7-21, 16-21 oleh Chen Yu Fei. Dan ganda putri pertama kita, Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dihentikan pasangan terbaik dunia, Chen Qing Chen/Jia Yifan dengan skor 11-21, 8-21.

BACA JUGA:Final Uber Cup 2024: Gagal Sumbang Poin Pertama, Gregoria Minta Maaf

Meski kalah telak, tim Uber Cup Indonesia harus tetap diapresiasi. Karena menjadi runner-up adalah hasil terbaik dalam 16 tahun terakhir. Kita mengulang prestasi 2008. Ketika tim Uber yang diisi oleh Maria Kristin Yulianti, Adriyanti Firdasari, Pia Zebadiah, Greysia Polii, Vita Marissa, dan Liliyana Natsir juga dikalahkan Tiongkok di final.


FINAL Uber Cup 2024: Tiongkok vs Indonesia 3-0. Foto, Chen Yu Fei mengangkat Piala Uber di Hi-Tech Zone Sports Center, Chengdu, 5 Mei 2024.-Wang Zhao-AFP

Lebih dari itu, dalam edisi tahun ini, PP PBSI memutuskan untuk menerjunkan skuad gabungan senior dan junior. Yang senior dan sudah sarat pengalaman, antara lain, Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu, dan Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Sedangkan yang junior dari segi pengalaman, antara lain Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan tentu saja, Ruzana. PBSI dengan berani tidak membawa Putri Kusuma Wardani, tunggal putri yang peringkatnya di bawah Gregoria. Dan memilih Ester serta Komang Ayu Cahya Dewi.

BACA JUGA:Uber Cup 2024: Ribka Reuni dengan Fadia, Ini Susunan Pemain Indonesia vs Tiongkok di Final

BACA JUGA:Uber Cup 2024: Ganda Putri Gagal Sumbangkan Poin, Ini Penyebabnya...

Sedangkan Rachel/Meilysa dibawa untuk menggantikan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi yang merupakan ganda putri nomor tiga di Indonesia.

Dengan skuad seperti itu, tim Uber sejatinya hanya dibebani target untuk masuk semifinal. Namun, di luar dugaan, para pemain tangguh itu dengan gagah berani lolos ke final. Para pemain pun cukup legawa dengan hasil ini. Apalagi, Tiongkok memang sedang hebat-hebatnya. Kekuatan mereka begitu merata di seluruh sektor.

"Tiga tahun lalu, saya mendukung tim berlaga di final Piala Thomas di Aarhus (Denmark, Red)," kenang Ester setelah pertandingan. "Saat itu terbayang, ingin rasanya berlaga di final sebesar Piala Thomas dan Uber. Bersyukur tahun ini kami tim Uber Indonesia bisa merasakan itu. Rasanya senang dan bangga," ucap gadis berusia 18 tahun itu.


FINAL Uber Cup 2024: Tiongkok vs Indonesia 3-0. Foto, Ester Nurumi Tri Wardoyo bereaksi setelah kehilangan poin atas He Bing Jiao.-Wang Zhao-AFP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: