Cheng Yu Pilihan Ketua Umum DPD Ikatan Pesantren Indonesia Sumatera Utara Dedi Masri: Shu Zhong Zi You Huang Jin Wu, Shu Zhong Zi You Yan Ru Yu

Cheng Yu Pilihan Ketua Umum DPD Ikatan Pesantren Indonesia Sumatera Utara Dedi Masri: Shu Zhong Zi You Huang Jin Wu, Shu Zhong Zi You Yan Ru Yu

Cheng yu pilihan Ketua Umum DPD Ikatan Pesantren Indonesia Sumatera Utara Dr. Dedi Masri, Lc, MA: Shu Zhong Zi You Huang Jin Wu, Shu Zhong Zi You Yan Ru Yu. --HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Tentu Anda sudah hafal betul adagium yang bunyinya "banyak jalan menuju Roma". Yang mengisyaratkan bahwa terdapat beragam cara yang bisa kita pakai untuk mencapai tujuan kita itu.

Anda yang akan ke Jakarta, misalnya, bisa naik pesawat. Bisa juga naik kereta. Pun bisa naik mobil. Bahkan oke-oke saja kalau mau jalan kaki.

Anda yang ingin mendapatkan 10, umpamanya, bisa dengan menambahkan 7 dan 3. Juga bisa dengan mengalikan 5 dan 2. Pun tak masalah dengan mengurangi 13 dan 3. Atau membagi 20 dengan 2. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Komisaris Independen PT Jantra Group Indonesia Beni Hendrawan: Shun Qi Zi Ran

Makanya, kita tidak bisa mendaku diri cuma jalan yang kita tempuhlah yang paling benar dan mujarab. Sebab, boleh jadi cara kita memang berhasil mengantarkan kita ke puncak kesuksesan, tapi tidak menuai hasil yang sama ketika dipakai yang liyan. 

Namun, agaknya tak akan ada yang menyangkal bila pendidikan disebut sebagai salah satu jalan utama untuk meraih kesuksesan. "Al-madrasah huwa al-haayah. Pendidikan adalah pintu kehidupan," kata Dr. Dedi Masri, Lc, MA, menyitir pitutur Arab.

Mungkin itulah mengapa Zhao Heng 赵恒, kaisar ketiga dinasti Song, menulis begini dalam syairnya: "书中自有黄金屋, 书中自有颜如玉" (shū zhōng zì yǒu huáng jīn wū, shū zhōng zì yǒu yán rú yù). Yang terjemahan bebasnya kira-kira: dengan pendidikan, kau akan mendapatkan apapun yang kau impikan.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Founder & CEO Inspira Group Satia Pradana: Ji Suo Bu Yu, Wu Shi Yu Ren

"Ya, bagi saya selain sebagai pintu menuju kesuksesan, pendidikan juga merupakan pintu keselamatan hidup dan belajar mengenal sisi kehidupan bermasyarakat dengan adab dan sopan santun," katanya.

"Pendidikan akan mengajarkan kita menggunakan etika dalam kehidupan sosial kita," terang Dedi, yang menjabat ketua umum Dewan Perwakilan Daerah Ikatan Pesantren Indonesia Sumatera Utara (Sumut).

Kini, Dedi yang juga pengurus MUI Sumut, sibuk menyebarkan ilmunya dengan menjadi pengasuh Pesantren Darul Ilmi Murni dan dosen UIN Sumut. Ia paham, "Al-ilmu bilaa 'amalin kassyajari bilaa tsamarin" yakni ilmu bila tidak diamalkan, bagaikan pohon yang tak berbuah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: