Laporan Haji 2024 (8): Mencari Pahala Setara Umrah di Masjid Quba

Laporan Haji 2024 (8): Mencari Pahala Setara Umrah di Masjid Quba

Masjid Quba, merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW. -Tomy Gutomo-Media Center Haji


Pengunjung salat di Masjid Quba, Madinah. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

"Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa Masjid Quba adalah masjid yang dibangun dengan dasar ketaatan dan ketaqwaan Rasullullah SAW kepada Allah SWT. Itu ada di Surat At-Taubah ayat 9," kata Abdul Rahim Daud.

Di kampung Quba, menurut Rahim,  Rasulullah disambut meriah oleh penduduk Madinah dengan lantunan nasyid thala’al badru’alaina. Beliau singgah di Quba selama empat hari, dan beliau memerintahkan untuk membangun Masjid Quba bahkan ikut terlibat dalam proses pembangunannya.

Saat tinggal di Madinah, Nabi Muhammad selalu menyempatkan diri ke Masjid Quba untuk melakukan salat dua rakaat.  Di Madinah, Nabi Muhammad Saw selalu menyempatkan diri mendatangi Masjid Quba untuk melakukan salat dua rakaat. 


Plaza di Masjid Quba, Madinah. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

BACA JUGA:Laporan Haji 2024 (3): Padatnya Masjid Nabawi saat Salat Jumat

BACA JUGA:Laporan Haji 2024 (2): Petugas Haji Indonesia Tiba di Arab Saudi, Langsung Umrah

Nilai sejarah dan keistimewaan Masjid Quba inilah yang membuat masjid tersebut dikunjungi ribuan orang setiap harinya. Kawasan Masjid Quba juga terus dibangun oleh Kerajaan Arab Saudi. Saat ini sudah berdiri museum sejarah Masjid Quba. 

Di museum yang dibuat seperti diorama outdoor itu diceritakan sejarah berdirinya Masjid Quba. Pengunjung sudah tidak perlu lagi membawa tour guide untuk mendapat penjelasan tentang sejarah Masjid Quba. Diorama di dalam museum itu sudah menjelaskan secara gamblang. (*) 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: