Naik Haji Bersama Mabruro (26): Puas Jelajah Kota Madinah, dari Masjid Quba hingga Jabal Uhud

Naik Haji Bersama Mabruro (26): Puas Jelajah Kota Madinah, dari Masjid Quba hingga Jabal Uhud

Keseruan jamaah haji khusus saat menaiki onta di Jabbal Magnet, kemarin.-Mabruro for Harian Disway-

Tentu saja, Kota Madinah sama menariknya dengan Kota Makkah. Mabruro Tour & Travel pun mengajak para jamaah haji khusus berkeliling Kota Madinah, Sabtu, 29 Juni 2024. Sehari penuh mereka mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

----

Masjid Nabawi memang menjadi tempat primadona bagi umat Islam saat berada di Kota Madinah. Rombongan jamaah khusus Mabruro punya banyak waktu untuk beribadah di masjid kedua yang dibangun dalam sejarah Islam itu. Bisa kapan saja mereka mau karena jarak hotel ke masjid sangat dekat.

Namun, tentu masih banyak tempat lagi yang harus dikunjungi di Kota Madinah. Pihak Mabruro Tour & Travel punya program City Tour Madinah setiap musim haji. Menjelajah tempat-tempat yang menyimpan kisah masa lalu perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat.

Tepat pukul 08.00 pagi kemarin, semua jamaah sudah naik bus di depan lobi hotel masing-masing. Destinasi pertama ke Masjid Quba, masjid yang kali pertama dibangun oleh Rasulullah pada 1 Hijriyah atau 622 Masehi. 

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (25): Keliling Masjid Nabawi, Orientasi sebelum ke Raudhah

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (24): Kulo Nuwun ke Rasulullah di Masjid Nabawi

Jaraknya juga tak begitu jauh. Perjalanan ditempuh hanya 30 menit. Setiba di sana, semua jamaah langsung mendirikan salat sunah. Baik salat tahiyatul masjid maupun Dhuha. “Kami mengikuti anjuran Rasulullah, sudah berwudhu sejak di hotel,” ungkap Pembimbing Ibadah Haji Khusus Mabruro KH Mochamad Misbach saat dihubungi, kemarin.

Pahala salat sunah di Masjid Nabawi memang istimewa. Berapapun rakaatnya, kata Misbach, bisa setara dengan satu kali ibadah umrah. Anda sudah tahu, Masjid Quba ini dibangun karena menjadi tempat singgah Rasulullah dan para sahabat saat hijrah ke Kota Madinah.


Jabal Uhud menjadi salah satu destinasi favorit umat Islam saat singgah di Kota Madinah.-Mabruro for Harian Disway-

Rombongan jamaah haji khusus Mabruro tidak terlalu lama di sana. Tak sampai satu jam. Mereka lantas melanjutkan perjalanan berikutnya ke Kebun Kurma Aryaf Taibah. Jaraknya cuma 5 kilometer dari pusat Kota Madinah. 

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (18): Menginap di Zam-zam Tower, Bisa Lihat Kakbah dari Hotel

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (19): Ziarah, Belanja Parfum, dan Naik Kereta Gantung di Kota Thaif

Ya, Kebun Kurma Aryaf Taibah termasuk yang populer di Arab Saudi. Aryaf bermakna kampung dan Taibah adalah nama lain Madinah. Aryaf Taibah bisa diartikan sebagai pusat kebaikan.

Jamaah haji maupun umrah kerap mampir untuk berwisata. Tersedia kurma organik di sana. Banyak juga produk olahan kurma. Para jamaah haji khusus Mabruro pun tak menyiakan kesempatan untuk berbelanja lantas bersantai sejenak.

Perjalanan berikutnya dilanjutkan ke Jabal Uhud. Gunung yang menjadi tempat pertempuran selama Perang Uhud. Sayang, cuaca panas begitu terik. “Nggak sempat naik. Kami cuma berziarah ke makam para syuhada Uhud,” terang Misbach. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: