Umrah Spesial Milad ke-27 Mabruro (2): Hotel Dekat Masjid Nabawi, Hari Pertama Ziarah ke Lima Tempat

Umrah Spesial Milad ke-27 Mabruro (2): Hotel Dekat Masjid Nabawi, Hari Pertama Ziarah ke Lima Tempat

Rombongan jamaah umrah spesial Milad ke-27 Mabruro saat berfoto pelataran Masjid Nabawi.-Mabruro for Harian Disway-

Rombongan jamaah Umrah Spesial Milad ke-27 Mabruro Tour & Travel sudah tiba di tanah suci, Kamis, pukul 17.00 Waktu Arab Saudi, 8 Agustus 2024. Mereka dibimbing langsung oleh Ustaz Riza Rifqy, pengurus Pondok Pesantren Manbaul Hikam, Tanggulangin, Sidoarjo, hingga hari terakhir ibadah umrah nanti. 

---

Hari pertama berlangsung dengan lancar. Rombongan jamaah baru keluar dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, pukul 18.00 Waktu Arab Saudi (WAS), Kamis, 8 Agustus 2024. Tentu setelah menyelesaikan proses imigrasi dan pengambilan bagasi.

Setelah itu bergegas menuju Kota Madinah. Meskipun sempat menghadapi intervensi dari pihak keamanan setempat, Ustadz Riza Rifqy memastikan semuanya berjalan lancar tanpa kendala berarti.

“Di jalan sempat dihentikan oleh petugas untuk pemeriksaan tambahan. Alhamdulillah, lancar semua,” ujar Ustadz Riza Rifqy. Perjalanan yang cukup panjang pun terasa nyaman. Sebab, jamaah diantar oleh bus eksekutif.

BACA JUGA:Umrah Spesial Milad ke-27 Mabruro (1): Dapat Potongan Harga Khusus, Fasilitas Tetap Maknyus

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (28): Sensasi Naik Golf Cart, Perjalanan Malam ke Masjid Quba

Rombongan baru tiba Masjid Nabawi tepat tengah malam. Lalu bersiap melaksanakan qiyamul lail mulai pukul 3 dini WAS, Jumat, 9 Agustus 2024. Berlanjut dengan salat subuh berjamaah. 

Qiyamul lail di Masjid Nabawi, salah satu masjid paling suci dalam Islam, menjadi pengalaman yang mendalam bagi setiap jemaah. Melaksanakan qiyamul lail di Masjid Nabawi adalah impian banyak umat Muslim. 

“Ini adalah pengalaman spiritual yang sangat menguatkan iman bagi para jamaah," jelas Ustaz Riza. Setelah menunaikan ibadah subuh, rombongan tidak langsung ke hotel. Mereka justru memulai ziarah ke lima masjid bersejarah yang terletak di sekitar Masjid Nabawi.

Ziarah dimulai dengan memberikan salam kepada Rasulullah SAW di depan Raudhah saat melintasi kubah hijau yang ikonik. Kemudian secara berurutan, perjalanan dilanjutkan ke Masjid Ghomamah, Masjid Abu Bakar, Masjid Ali, dan Masjid Syaqifah Bani Sa'idah. 

Menurut Ustaz Riza, ziarah ini tidak hanya menambah pengetahuan sejarah Islam. Tetapi juga memperkuat ikatan spiritual setiap jamaah dengan Rasulullah SAW dan para sahabatnya. 

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (5): Bisa Lihat Kakbah dari Kamar Hotel

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (4): Perjalanan Madinah-Makkah Naik Kereta Cepat Haramain Express

“Setiap masjid yang kami kunjungi memiliki kisah dan keutamaannya sendiri yang sangat berarti," jelas Ustaz Riza. Usai ziarah, jamaah kembali ke Hotel Verta, yang jaraknya cuma sekitar 200 meter dari Masjid Nabawi. Jamaah pun istirahat untuk kemudian  melaksanakan salat Jumat di Masjid Nabawi bagi jamaah laki-laki. 

Setelah itu, mereka bersiap untuk ziarah berikutnya yang dijadwalkan pada tengah malam. Destinasi berikutnya adalah Masjid Quba, masjid pertama yang dibangun dalam sejarah Islam. Masjid Quba memang memiliki keutamaan tersendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: