Yuk Kenali Perawatan Kulit Kering agar Tetap Segar dan Menawan

Yuk Kenali Perawatan Kulit Kering agar Tetap Segar dan Menawan

Punya kulit kering memang membutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati agar kondisi kulit tidak semakin parah. Tapi bukan berarti tidak ada solusi, Anda bisa mengikuti beberapa tip ini untuk merawat kulit yang kering agar tetap segar dan menawan. --Getty Images/iStockphoto/Elena Kabenkina

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Anda sudah tahu kan kalau kulit wajah yang kering bisa memicu masalah kulit lainnya? Contohnya gampang mengalami luka atau lecet, rentan terhadap kuman, hingga memicu rasa gatal.

Penanganan kulit kering yang efektif memerlukan kombinasi dari perawatan luar dan perhatian pada gaya hidup sehari-hari. Kulit wajah yang kering bisa terjadi akibat hormonal, faktor usia, sinar matahari, radikal bebas, dan bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik.

Nah, berikut berbagai cara merawat kulit kering sehingga terjaga kelembapannya.

BACA JUGA: 6 Tips Redakan Nyeri Perut Saat Haid

1. Melakukan eksfoliasi


Eksfoliasi kulit jadi salah satu cara yang penting agar meredakan gejala kulit yang kering dan menghilangkan kotoran di wajah. --freepik

Perawatan kulit kering memerlukan pendekatan yang hati-hati dan salah satu metode yang efektif adalah eksfoliasi. Penggunaan eksfoliator fisik seperti scrub dengan butiran halus atau eksfoliator kimiawi yang mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) atau beta-hidroksi (BHA) dapat menjadi pilihan.

Eksfoliasi pada kulit kering sebaiknya dilakukan satu hingga dua kali seminggu untuk menghindari pengelupasan berlebihan yang dapat menyebabkan iritasi dan memperparah kekeringan. Setelah eksfoliasi, sangat penting untuk segera mengaplikasikan pelembab agar mengunci kelembapan dan menenangkan kulit.

2. Gunakan pelembab


Pelembab punya peran yang sangat penting bagi Anda pemilik kulit kering. Berfungsi mengatur kelembapan kulit agar terus terhidrasi dan sehat. --cantik.com

Salah satu cara perawatan bagi kulit kering adalah menggunakan pelembab. Pelembab berfungsi untuk mengunci kelembapan di dalam kulit, mencegah penguapan air dari permukaan kulit, dan membantu memperbaiki fungsi pelindung kulit. 

BACA JUGA: MERS CoV Menular Dari Unta, Jamaah Haji Hindari Kontak dengan Unta

Produk pelembab yang baik biasanya mengandung bahan seperti emolien, yang melembutkan dan menghaluskan kulit, humektan, yang menarik kelembapan dari lingkungan ke dalam kulit, serta oklusif, yang membentuk lapisan pelindung untuk mencegah kehilangan air. 

Aplikasikan pelembab segera setelah mandi atau setelah mencuci wajah saat kulit masih sedikit lembab, karena ini membantu pelembab lebih efektif dalam mengunci kelembapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: