Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Baru di Riau, Jokowi Titip Pesan untuk Pemda

Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Baru di Riau, Jokowi Titip Pesan untuk Pemda

Potret Jokowi dan pejabat setempat saat meresmikan jalan tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Baru di Riau pada Jumat, 31 Mei 2024. Dalam pidato peresmiannya, Jokowi titip pesan untuk Pemerintah Daerah.--Youtube Sekretariat Presiden

KAMPAR, HARIAN DISWAY - Presiden Jokowi terbang langsung ke Kabupaten KAMPAR, Riau untuk meresmikan jalan tol ruas Bangkinang-Koto KAMPAR pada Jumat, 31 Mei 2024.

Jalan tol sepanjang 24,7 km itu menghabiskan dana hingga 4,8 triliun rupiah dan merupakan tahap pertama dari proyek pembangunan jalan tol ruas Bangkinang-Pangkalan Kota Baru.

Setelah selesai dengan ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Baru, nantinya pemerintah akan melanjutkan pembangunan jalan tol hingga masyarakat Pekanbaru dan Padang dapat tersambung melalui jalan itu.

BACA JUGA:Ini Tanggapan Jokowi Terhadap Putusan MA Soal Batas Usia Calon Kepala Daerah

“Setiap tahun terus akan sambung-menyambung dan nanti akan sampai ke Kota Padang dari Pekanbaru,” ujar Jokowi dalam pidato peresmiannya.


Jokowi dalam pidato peresmian jalan tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Baru di Riau pada Jumat, 31 Mei 2024, titip pesan untuk Pemda.--Youtube Sekretariat Presiden

Jokowi menyebut jalan tol itu akan menjadi sirip dari jalan tol Trans Sumatera. Oleh karena itu, orang nomor satu di Indonesia tersebut berharap Pemerintah Daerah dapat melanjutkan pembangunan dengan lebih spesifik.

“Saya hanya titip kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan, didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif,” ujarnya.

BACA JUGA:Jokowi Sebut 3 Ketakutan Terbesar Negara-Negara di Dunia Saat Ini, Mulai Perang Sampai Bunga Hutang Luar Negeri

Lebih rinci, kawasan produktif tersebut antara lain kawasan pertanian, kawasan perkebunan, hingga kawasan pariwisata. Dengan demikian, nantinya masyarakat setempat dapat turut merasakan manfaat dibangunnya jalan tol itu.


Potret gerbang jalan tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Baru di Riau pada Jumat, 31 Mei 2024.--Youtube Sekretariat Presiden

“Bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan juga mobilitas orang, mobilitas barang,” terang pria kelahiran Solo itu.

Ia menambahkan, pembangunan jalan tol itu juga diharapkan dapat menunjang nilai persaingan Indonesia di kancah global.(*)

Penulis: Mahisa Gesty, mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur, peserta Magang MBKM di Harian Disway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: