Final Liga Champions 2024: Bisakah Dortmund Akhiri Puasa Trofi 27 Tahun?

Final Liga Champions 2024: Bisakah Dortmund Akhiri Puasa Trofi 27 Tahun?

FINAL Liga Champions 2024: bisakah Dortmund akhiri puasa trofi 27 tahun?-Glyn Kirk-AFP

HARIAN DISWAY - Supremasi kontinental dipertaruhkan di Stadion Wembley pada Sabtu malam, ketika tim underdog Borussia Dortmund berhadapan dengan raja Eropa Real Madrid di final Liga Champions 2023/2024.

Bagi Dortmund, yang mengenakan seragam hitam kuning, kemenangan akan mengakhiri 27 tahun puasa gelar Liga Champions. Mereka memburu gelar kedua setelah edisi 1997. Sebaliknya, Los Blancos berupaya meraih trofi ke-15. A Por La 15.

Dortmund, yang kini ditangani Edin Terzic, menang atas Paris Saint-Germain di semifinal untuk mengamankan tiket ke Wembley. Sedagkan Pasukan Carlo Ancelotti menggagalkan langkah Bayern Munchen berkat hasil pertandingan leg kedua yang mencekam.

Dortmund punya memori buruk terkait final Liga Champions di Wembley. Pada edisi 2012/2013, alias 11 tahun silam, mereka berhadapan dengan klub senegara, Bayern Munchen.

BACA JUGA:Final Liga Champions 2024: Real Madrid Diprediksi Menang atas Dortmund dalam 90 Menit

Mereka kalah 1-2 dengan cara yang menyakitkan. Kubu Dortmund menyaksikan tembakan bintang Bayern Munchen Arjen Robben menembus gawang pada menit ke-89!


FINAL Liga Champions 2024: bisakah Dortmund akhiri puasa trofi 27 tahun? Foto: kenangan buruk ketika Dortmund dikalahkan Bayern Munchen di final 2013.-AFP-

Striker Marco Reus dan bek tengah Mats Hummels adalah dua anggota yang bertahan dari final tersebut. Tentu, mereka yang butuh khotbah tentang seberapa pentingnya laga melawan Real Madrid pada 2 Juni 2024 pukul 02.00 WIB nanti.

Perjalanan Dortmund

Borussia Dortmund melalui perjalanan superpanjang untuk mencapai final musim ini. Mereka tergabung di grup maut bersama AC Milan, Paris Saint-Germain, dan Newcastle United.

Mereka hanya menang 3 kali atas Newcastle (2 leg) dan Milan. Sisanya imbang 2 kali, dan sekali kalah. Toh, Dortmund tetap berhasil menjadi juara grup.

BACA JUGA:Final UCL Borussia Dortmund vs Real Madrid: Duel Sahabat Jadon Sancho vs Jude Bellingham

BACA JUGA:Timnas Belanda Coret Pemain Dortmund Keturunan Indonesia, Ini 26 Pemain Pilihan Koeman di Euro 2024!

Di babak 16 Besar, mereka PSV Eindhoven berkemas tanpa mengeluarkan banyak keringat. Hingga akhirnya Die Borussen (sebutan Dortmund) harus berjumpa lawan kuat bernama Atletico Madrid di perempat final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber