Final Liga Champions 2024: Bisakah Dortmund Akhiri Puasa Trofi 27 Tahun?

Final Liga Champions 2024: Bisakah Dortmund Akhiri Puasa Trofi 27 Tahun?

FINAL Liga Champions 2024: bisakah Dortmund akhiri puasa trofi 27 tahun?-Glyn Kirk-AFP

Untuk kali pertama di fase knockout, Dortmund mengalami kekalahan tipis 0-1 di Wanda Metropolitano, kandang Atletico. Namun, tidak menghalangi upaya Dortmund untuk melaju ke semifinal.


FINAL Liga Champions 2024: bisakah Dortmund akhiri puasa trofi 27 tahun? Foto: Dortmund mengalahkan Atletico Madrid di perempat final.-Oscar Del Pozo-AFP

Perubahan taktik yang fenomenal di leg kedua membawa Dortmund menang 4-2 atas Atletico di kandang sendiri. Mereka lolos dengan agregat 4-3. Lalu, di semifinal, dengan luar biasa mereka mengalahkan PSG 1-0 di kandang maupun tandang.

Berkat kedisiplinan pertahanan mereka, Dortmund membuat PSG kembali tersiksa di Liga Champions. Tepatnya ketika Mats Hummels, gelandang bertahan yang sudah tua tapi punya kepala emas itu, menanduk satu gol di leg kedua. Meloloskan Dortmund ke final Liga Champions untuk kali ketiga sepanjang sejarahnya.

BACA JUGA:Reus Cetak Gol Perpisahan dan Traktir 80.000 Bir! Ucapkan Selamat Tinggal pada Dortmund

Borussia Dortmund pernah menjuarai Liga Champions. Yakn pada musim 1996/1997. Waktu itu, mereka dilatih Ottmar Hitzfeld. Namun, setelah itu, Dortmund belum pernah tampil lagi di final. Sampai musim 2012/2013 itu tadi.

Dortmund aslinya ingin mengulang momentum tersebut. Mereka ingin balas dendam. Namun, eksploitasi Real Madrid atas Bayern di semifinal menggagalkan upaya tersebut.

Puasa Trofi

Borussia Dortmund sudah begitu rindu mengangkat trofi. Trofi apa saja. Sebab, sudah sewindu mereka tidak juara apa-apa. Trofi Bundesliga kali terakhir mereka raih pada 2012. Sedangkan DFB Pokal didapatkan terakhir pada 2016.


FINAL Liga Champions 2024: bisakah Dortmund akhiri puasa trofi 27 tahun? Foto: kenangan ketika Dortmund merebut gelar 1997.-UEFA-

BACA JUGA:Madrid vs Alaves 5-0: Arda Guler Bersinar, Borussia Dortmund Harap Waspada!

Artinya, sudah 8 tahun mereka puasa gelar. Kecuali kalau trofi Piala Liga Jerman dihitung.

Di Liga Champions, puasanya lebih lama lagi. Mereka sudah 27 tahun Dortmund tidak meraih gelar. Kalau mereka mampu meraih gelar tahun ini, maka kehausan selama sewindu itu (dan hampir 3 dekade di Eropa) pasti terhapuskan.

Namun, tidak akan ada ruang untuk sentimen bagi manajer Real Madrid Carlo Ancelotti. Ia sudah berada di kelas tersendiri dengan 4 gelar Liga Champions sebagai pelatih. Dan sekarang sedang berusaha meraih yang kelima.

Real Madrid Mengerikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber