Final Liga Champions 2024: Bisakah Dortmund Akhiri Puasa Trofi 27 Tahun?

Final Liga Champions 2024: Bisakah Dortmund Akhiri Puasa Trofi 27 Tahun?

FINAL Liga Champions 2024: bisakah Dortmund akhiri puasa trofi 27 tahun?-Glyn Kirk-AFP

Real Madrid jelas bukan lawan ecek-ecek. Mereka adalah raja Liga Champions dengan koleksi 14 gelar. Yang memperlakukan final bagaikan taman bermain. Tempat bersenang-senang.

BACA JUGA:Sakti! Real Madrid Vs Bayer Munchen Berakhir 2-1, Los Blancos Tantang Dortmund di Final Liga Champions!

Perjalanan mereka di Liga Champions musim ini lebih mengkilat dibandingkan Dortmund. Toni Kroos dkk tidak kehilangan satu poin pun di babak penyisihan grup.

Dengan gaya klasik Los Blancos, pasukan Carlo Ancelotti secara menakjubkan menemukan cara untuk menang atas juara bertahan Manchester City di perempat final. Membalas dendam pada klub yang menaklukkan mereka di semifinal musim lalu.

Merea lantas menghadapi Bayern Munchen di semifinal. Setelah mencatat hasil imbang 2-2 di leg pertama, tembakan Alphonso Davies tampaknya berhasil memadamkan impian Real untuk meraih trofi ke-15.


FINAL Liga Champions 2024: Real Madrid diprediksi menang atas Dortmund dalam 90 menit. Foto: Joselu ketika mencetak gol ke gawang Bayern Munchen di semifinal.-Oscar Del Pozo-AFP

BACA JUGA:Keras! Dortmund Balas Postingan PSG yang Mengejek Selebrasi Erling Haaland

BACA JUGA:Dortmund Deja Vu Final Liga Champions 2013, Tersisa Marco Reus dan...

Namun, pemain pinjaman dari Espanyol, Joselu, justru menuliskan namanya di papan skor dua kali hanya dalam waktu 3 menit!

Faktanya, Real Madrid tidak pernah kalah di final Liga Champions selama 43 tahun terakhir. Artinya, tiap kali mereka menembus partai puncak, pasti menang.

Kekalahan mereka di final terjadi pada 1981. Saat itu, mereka kalah tipis 0-1 dari Liverpool. Sejak saat itu, Los Blancos sudah 8 kali masuk final. Dan 8 kali juga juara.

Lima di antaranya diraih dalam 10 tahun terakhir. Yakni pada edisi 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2022. Edisi 2014 dan 2022, Real ditangangi Carlo Ancelotti. Sedangkan saat hat-trick ditangani Zinedine Zidane.

BACA JUGA:PSG vs Dortmund 0-1: Les Parisien Gagal ke Final Liga Champions, Luis Enrique Ngomel Begini

Real Madrid juga mengantongi catatan menyenangkan di liga domestik. Mereka meraih juara La Liga saat kompetisi masih menyisakan 4 laga.

Jude Bellingham dkk tak terkalahkan dalam 25 pertandingan berturut-turut sejak kekalahan di Copa del Rey bulan Januari di tangan Atletico Madrid. Mereka juga selalu mencetak gol di setiap pertandingan tandang mereka di Bernabeu pada musim 2023/2024. Sebuah pertanda menjanjikan lainnya menjelang laga terakhir ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber