Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan Riau: Berharap Ekonomi Indonesia Berdikari dan Tak Lagi Bergantung ke Asing

Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan Riau: Berharap Ekonomi Indonesia Berdikari dan Tak Lagi Bergantung ke Asing

Jokowi pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, Dumai, Riau. Berharap ekonomi Indonesia Berdikari--YouTube Sekretariat Presiden

HARIAN DISWAY - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo hadir dan memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Blok Rokan, Dumai, Riau.

Pada upacara tersebut, Jokowi berharap agar Indonesia bisa berdikari dalam aspek ekonomi dan tidak lagi bergantung ke asing.

Apalagi menurut Jokowi, Indonesia punya sumber daya manusia dan sumber daya alam yang sangat mendukung seperti di Blok Rokan, Riau ini.

BACA JUGA:Resmi! Jokowi Izinkan Ormas Keagamaan Kelola Pertambangan

"Kita harus optimis karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa, karena kita punya modal sosial dan modal budaya yang kokoh, karena kita punya sumber daya manusia, dan kita punya sumber daya alam yang melimpah," ucap Jokowi memimpin upacara di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau itu.

Dari potensi ini, Jokowi berharap agar bangsa ini dapat mandiri dalam aspek perekonomiannya.

"Oleh karena itu, kita harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi," lanjut Jokowi.


Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Lapangan Blok Rokan Dumai, Sumatera Utara-Sekretariat Presiden -

BACA JUGA:Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Baru di Riau, Jokowi Titip Pesan untuk Pemda

Lebih lanjut, Jokowi juga memaparkan prestasi Indonesia yang terlibat aktif pada politik Internasional dan menjadi pemimpin asosiasi dunia.

"Kita terus perjuangkan kemandirian ekonomi termasuk melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor," terangnya.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mewujudkan tujuan ini menurut Jokowi yakni dengan cara memaksimalkan pengelolaan kekayaan negara sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah Blok Rokan di Riau ini. Tempat yang kita pakai untuk Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila," tegas Jokowi.

BACA JUGA:Pacu Pertumbuhan Motor Listrik, Kemenperin Permudah Cara Mendapatkan Subsidi Rp 7 Juta, Apa Saja Syaratnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: