Langka! Fenomena Parade Planet 3 dan 4 Juni 2024 Bisakah Dilihat dari Indonesia?

Langka! Fenomena Parade Planet 3 dan 4 Juni 2024 Bisakah Dilihat dari Indonesia?

Parade planet terjadi di saat beberapa planet terlihat berjajar di langit malam. Fenomena ini dikenal sebagai peristiwa ketika sejumlah planet berkumpul berdekatan di satu sisi matahari pada waktu yang bersamaan. --

HARIAN DISWAY - Beragam fenomena astronomi mewarnai langit tahun ini. Salah satunya parade enam planet yang terjadi pada 3 dan 4 Juni 2024. Salah satu fenomena yang cukup langka. Apakah warga Indonesia bisa menyaksikan fenomena tersebut?

Fenomena langit yang terjadi setiap bulan selalu unik. Melibatkan berbagai objek seperti bulan, matahari, dan elemen lain dalam tata surya. Fenomena parade planet tahun ini akan ada enam planet yang terlihat berjajar dalam satu garis yang dikenal sebagai planetary alignment.

Seperti yang Anda tahu, parade planet terjadi di saat beberapa planet terlihat berjajar di langit malam. Fenomena ini dikenal sebagai peristiwa ketika sejumlah planet berkumpul berdekatan di satu sisi Matahari pada waktu yang bersamaan.

BACA JUGA: Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids 5-6 Mei 2024, Begini Cara Melihatnya

Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin mengonfirmasi bahwa fenomena parade planet tersebut memang terjadi pada 3 dan 4 Juni 2024. 

"Ya benar, fenomena ini nantinya menampakkan enam planet berjajar sepanjang ekliptika pada pagi hari. Tepatnya sebelum matahari terbit. Kemungkinan terjadi sekitar satu jam sebelum matahari muncul di ufuk, sekitar pukul 5.15 WIB," jelas Thomas.

Thomas mencatat bahwa parade planet kali ini tergolong langka karena melibatkan lebih dari tiga planet yang berjajar. Dan pada 3 dan 4 Juni 2024 itu, sebanyak enam planet berjajar sepanjang ekliptika.

Keenam planet tersebut adalah Jupiter, Merkurius, Uranus, Mars, Neptunus, dan Saturnus. Meski demikian, Thomas menambahkan bahwa hanya planet-planet yang paling terang yang terlihat jelas. Terutama saat langit masih gelap.

BACA JUGA: Melihat Fenomena Midnight Sun, Saat Matahari Bersinar 24 Jam di Finlandia

Apakah Indonesia Bisa Menyaksikan Parade Planet?

Thomas memastikan bahwa fenomena ini dapat dilihat di langit Indonesia. Meskipun hanya planet-planet yang lebih terang yang terlihat jelas. Ia menjelaskan bahwa planet Saturnus dapat dilihat dengan mata telanjang karena menyerupai bintang terang.

Planet Neptunus dan Uranus hanya bisa dilihat dengan bantuan teleskop. Untuk planet Mars tampak seperti bintang dengan rona merah. Planet Merkurius terlihat seperti bintang redup menjelang matahari terbit dan planet Jupiter juga tampak redup.

BACA JUGA: Ini Waktu dan Wilayah Terjadinya Gerhana Matahari Total 8 April 2024!

"Saturnus dan Mars hanya akan terlihat sebagai titik cahaya seperti bintang. Sedangkan Jupiter akan muncul menjelang matahari terbit. Sehingga kemungkinan tidak akan teramati," ujar Thomas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: