Seluruh Jemaah Haji Telah Berada di Makkah, Bersiap Untuk Fase Arafah, Muzdalifah dan Mina

Seluruh Jemaah Haji Telah Berada di Makkah, Bersiap Untuk Fase Arafah, Muzdalifah dan Mina

Jemaah Haji asal Indonesia bersiap diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah -Kemenag-

HARIAN DISWAY - Pemerintah mengumumkan bahwa fase pemberian layanan jemaah haji reguler asal Indonesia di Madinah telah berkahir. Pelayanan ini diberikan pada jemaah haji gelombang pertama yang berangkat sejak 12 Mei 2024. 

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), total ada 229 kelompok terbang (kloter) dengan 90.131 jemaah haji dan petugas kloter gelombang pertama  yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Jemaah haji reguler mulai tiba di Bandara AMAA Madinah pada 12 Mei 2024. Mereka tinggal selama sekitar beberapa hari di Madinah sebelum diberangkatkan ke Makkah untuk menunaikan ibadah umrah dan haji. Pemberangkatan pertama jemaah haji Indonesia dari Madinah ke Makkah berlangsung pada 20 Mei 2024.

BACA JUGA:Seluruh Jemaah Haji Indonesia Gelombang Pertama Telah Berada di Makkah, Kemenag Himbau Siapkan Fisik Untuk Puncak Haji

Keberangkatan kloter tujuh embarkasi Balikpapan (BPN 07) dan kloter 45 Embarkasi Surabaya (SUB-45) pada 1 Juni 2024 sekaligus menutup fase layanan jemaah haji Indonesia pada gelombang I di Madinah.


Jamaah Haji setelah miqat di Bir Ali dan akan menuju ke Makkah. --Media Center Haji

“Alhamdulillah, fase pelayanan jemaah haji reguler yang berangkat pada gelombang I di Madinah telah berakhir, seiring keberangkatan kloter terakhir dari Madinah menuju Makkah pada 1 Juni 2024. Jadi fase layanan gelombang I di Madinah ini berlangsung dari 12 Mei – 1 Juni 2024,” terang Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie di Jakarta, Minggu, 2 Juni 2024.

Berdasarkan laporan, masih ada jemaah yang dirawat di Madinah karena sakit atau masalah kesehatan lainnya. Para jemaah tersebut dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) maupun sejumlah rumah sakit (RS) di Madinah. 

Meski demikian, para jemaah haji tersebut akan secara bertahap dievakuasi menuju Makkah untuk persiapan melakukan ibadah haji terutama pada puncak haji di Arafah, Mina, dan Muzdalifah. 

BACA JUGA:Petunjuk Pembayaran Dam (Denda) Untuk Jemaah Haji Indonesia: Harga, Rumah Potong, dan Tatacara Pembayaran

Bagi jemaah yang sudah sembuh, miqat akan disusulkan dibantu petugas haji di Bir Ali 

Anna mengaku bersyukur secara umum layanan jemaah haji Indonesia di Madinah pada fase I berjalan dengan lancar dan baik. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menjalankan tugasnya secara optimal dalam memberikan layanan kepada jemaah. 


Jamaah haji Indonesia resmi berangkat dari Madinah ke Makkah.--Media Center Haji

“Layanan jemaah selama di Madinah sangat dinamis, namun alhamdulillah para petugas dapat memberikan layanan terbaik kepada jemaah. Untuk itu, atas nama pimpinan kami sampaikan apresiasi dan salam hormat kepada seluruh petugas haji," kata Anna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: