Dengan Raihan Sertifikasi Internasional AUN-QA, Masyarakat Dijamin Makin Mantap Memilih Tiga Prodi Untag Surabaya Ini!

Dengan Raihan Sertifikasi Internasional AUN-QA, Masyarakat Dijamin Makin Mantap Memilih Tiga Prodi Untag Surabaya Ini!

Tiga prodi di Untag Surabaya terima penghargaan internasional dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA). --Untag Surabaya

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tiga program studi (prodi) sarjana (S-1) di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berhasil memperoleh Sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA). Yakni Prodi Administrasi Publik, Prodi Arsitektur, dan Prodi Psikologi.

Sertifikasi ini diraih setelah ketiga prodi tersebut setelah menjalani asesmen pada 30-31 Januari dan 1 Februari 2024 yang dipimpin Prof. Dato Ir. Riza Atiq Abdullah bin O.K. Rahmat dari Universiti Kebangsaan Malaysia.

Beliau tak sendiri melainkan bersama lima anggota asesor lainnya. Ada Prof. Dr. Mohd Nizam Ab Rahman dari Universiti Kebangsaan, Malaysia dan Dr. Nguyen Truong Sa dari Industrial University of Ho Chi Minh City, Vietnam.

BACA JUGA: Tenang! Heboh UKT Mahal, Rektor Untag Surabaya Pastikan Tak Ada Mahasiswa Kesulitan Biaya Kuliah di Kampusnya

Juga Dr. Cynthia P. San Diego dari Far Eastern University, Filipina; Assoc. Prof. Dr. Pornpun Prajaknate dari National Institute of Development, Thailand; dan Assoc. Prof. Dr. Vimolvan Pimpan dari Chulalongkorn University, Thailand.

Proses asesmen untuk sertifikasi ini mencakup delapan kriteria. Yaitu Expected Learning Outcomes, Programme Structure and Context, Teaching and Learning Approach, Student Assessment, Academic Staff, Student Support Service, Facilities and Infrastructure, serta Output and Outcome.

Kepala Pengembangan Program dan Akreditasi Internasional Untag Surabaya Tigor Wilfritz Soaduon Panjaitan, S.T., M.T., Ph.D. bangga atas kesuksesan yang melibatkan sinergi civitas akademika di tingkat program studi, fakultas, dan universitas itu.

BACA JUGA: Peduli Isu Kesehatan Mental, Prodi Ilmu Komunikasi Untag Gelar Mindscape Exhibition and Talkshow bersama Psikolog

Dalam pelaksanaannya, prosesnya tentu sangat panjang yaitu selama dua tahun mulai dari persiapan dokumen, workshop, basecamp hingga mengikuti pelatihan secara online dan offline di Bangkok.

"Ini semua bisa diraih oleh Untag Surabaya berkat sinergi seluruh unit di universitas. Usaha tersebut terbayarkan dengan sertifikasi yang kami peroleh," jelasnya pada Kamis, 30 Mei 2024.

Sebagai kampus swasta yang telah terakreditasi Unggul, Sertifikat AUN-QA ini dapat menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk memilih Untag Surabaya sebagai tempat melanjutkan studi.

BACA JUGA: Temu Alumni Akbar FISIP Untag Surabaya: Merajut Kembali Kenangan Indah Masa Kampus

Inilah upaya Untag Surabaya mewujudkan standar pendidikan yang menjamin kompetensi lulusan secara internasional. Perolehan sertifikasi ini merupakan bentuk pengakuan dari masyarakat global.

"Bahwa kualitas pelayanan, pengajaran, sarana prasarana, dan tata kelola kami sudah sesuai standar internasional. Sehingga, masyarakat tidak perlu ragu untuk melanjutkan studinya di sini," ujar dosen dari Prodi Arsitektur tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: