Surabaya Bakal Jadi Tuan Rumah Musyawarah Nasional APEKSI 2025

Surabaya Bakal Jadi Tuan Rumah Musyawarah Nasional APEKSI 2025

Rakernas APEKSI 2024 yang dipimpin oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dan Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam (kiri ke kanan).-Humas Pemkot Surabaya-

HARIAN DISWAY - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII tahun 2024, di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Salah satu hasilnya adalah menetapkan Kota Surabaya, Jawa Timur sebagai tuan rumah pelaksanaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) APEKSI tahun 2025.

Keputusan ini diambil pada hari kedua sidang pleno Rakernas XVII APEKSI, Rabu, 5 Juni 2024. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam bertugas memimpin sidang.

BACA JUGA:Semarak Pawai Seni Ogoh-Ogoh, Eri Cahyadi Serukan Guyub Rukun Warga Surabaya

"Rekomendasi Rakernas APEKSI ke-17 tahun 2024 dapat kita sepakati dan akan disampaikan dan dilaporkan oleh pengurus, tentunya oleh dewan pengurus kepada pemerintah," kata Rahmad Mas'ud saat memimpin sidang.

Dalam kesempatan yang sama, Rahmad juga mengusulkan agar Munaslub APEKSI 2025 diselenggarakan di Kota Surabaya. Usulan itu langsung didukung oleh para peserta yang hadir.

"Dari Wali Kota Ternate mengusulkan Surabaya, dan saya pun sebagai tuan rumah di Balikpapan ini mengusulkan selanjutnya di Surabaya. Lebih baik, lebih dekat," tambahnya.

Di sisi lain, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang berada di lokasi langsung menyambut baik usulan yang disepakati. Ketua APEKSI periode 2023-2025 itu menyatakan kesiapannya menjadikan Kota Surabaya sebagai tuan rumah Munaslub APEKSI 2025.

BACA JUGA:Parade Lorong Waktu Surabaya, Ribuan Warga Menikmati Surabaya Vaganza 2024

"Jadi nanti insyaallah acaranya ada di Surabaya. Karena ini adalah kegiatan pemilihan Ketua APEKSI," kata Eri Cahyadi.

Sebelum pelaksanaan Munaslub 2025, setiap Komisariat Wilayah (Komwil) APEKSI akan mengadakan Musyawarah Wilayah (Muswil) untuk memilih calon yang akan diusulkan maju dalam Munaslub kepengurusan APEKSI periode berikutnya.

"Setiap kota memiliki kekurangan, persamaan, dan persaudaraan. Itulah yang bisa membuat APEKSI terus berjaya dan memberikan kontribusi yang terbaik untuk negeri tercinta kita, negeri Indonesia," tandas alumnus ITS itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: