Starlink Masuk Indonesia, Provider Lokal Berharap Pemerintah Berlaku Adil

Starlink Masuk Indonesia, Provider Lokal Berharap Pemerintah Berlaku Adil

Menara Telkom di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Provider internet lokal pemerintah memperlakukan Starlink dan provider lokal secara adil-telkom.co.id-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Layanan internet berbasis satelit Starlink mulai hadir di Indonesia sejak Mei 2024. Hal ini menimbulkan reaksi beragam dari provider internet (ISP) di Indonesia. Salah satunya adalah Telkomsel dan Biznet.  

Mereka meminta pemerintah berlaku adil dan menerapkan regulasi yang sama pada Starlink.  

Telkomsel misalnya, mereka menyambut positif kehadiran Starlink di Indonesia. Menurut perusahaan telekomunikasi plat merak ini, hadirnya Starlink dapat meningkatkan persaingan di industri telekomunikasi. 

Dilansir dari Disway.id, untuk mengantisipasi persaingan yang adil, Telkomsel berharap pemerintah menerapkan perlakuan yang sama kepada Starlink seperti pada perusahaan telekomunikasi lainnya.

BACA JUGA:Starlink Ancam Provider Internet Lokal, Luhut: Kalau Tidak Bisa Berkompetisi Ya Salahmu

"Telkomsel berharap pemerintah dapat menciptakan equal playing field dengan keadilan dalam pemberlakuan pemenuhan kewajiban penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia kepada Starlink," ujar Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu 8 Juni 2024.

Serupa dengan Telkomsel, perusahaan telekomunikasi Biznet juga berharap Pemerintah akan tetap memberikan dukungan yang sama rata antara Starlink dengan ISP lokal.

Salah satu dukungan yang diharapkan oleh Biznet adalah soal regulasi perizinan pembangunan infrastruktur di Tanah Air, yang akan memberikan akses kepada ISP lokal untuk terus menunjang pemerataan akses internet di Indonesia.

"Kami berharap pemerintah dapat memberikan dukungan yang sama baik untuk pemain lokal maupun pemain asing yang bergerak di industri telekomunikasi," ujar Senior Manager Marketing Biznet Adrianto Sulistyo dalam keterangannya. 

BACA JUGA:Starlink Elon Musk Berpotensi Ancam Perusahaan Nasional hingga Suburkan Gerakan Separatisme, Begini Penjelasan Prof Henri

Di sisi lain, kedua perusahaan telekomunikasi tersebut tak menampik bahwa dengan layanan satelit Starlink menawarkan layanan yang berbeda dari operator seluler atau ISP lainnya yang mengandalkan teknologi fiber optik dan seluler.

Sebab, layanan yang ditawarkan Starlink bisa menjangkau wilayah terpencil yang tidak terfasilitasi layanan fiber optik ISP lokal.

Sementara layanan fiber optik ISP lokal bisa mengakomodasi pelanggan di kota-kota besar seperti saat ini. 

Dengan internet satelit itulah, Starlink dapat secara optimal menjangkau wilayah pelosok yang sulit dijangkau oleh kabel fiber optik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: