Portugal Dihajar Kroasia 1-2 Tanpa Cristiano Ronaldo, Begini Roberto Martinez Berkilah

Portugal Dihajar Kroasia 1-2 Tanpa Cristiano Ronaldo, Begini Roberto Martinez Berkilah

PORTUGAL dihajar Kroasia 1-2 tanpa Cristiano Ronaldo di laga persahabatan, 9 Juni 2024. Foto: Ronaldo (kanan) dan Pepe di bangku cadangan Portugal.-Patricia de Melo Moreira-AFP

Maka, ketika menghadapi lawan "sungguhan" di uji coba, barulah terlihat beberapa kekurangan di skuad racikan Roberto Martinez. Dari empat uji coba sepajang 2024, mereka hanya dua kali menang. Yakni lawan Finlandia (4-2) dan Swedia (5-2).


PORTUGAL dihajar Kroasia 1-2 tanpa Cristiano Ronaldo di laga persahabatan, 9 Juni 2024. Foto: dua pemain Portugal berusaha merebut bola Marcelo Brozovic.-Patricia de Melo Moreira-AFP

Namun, Roberto Martinez meyakinkan publik dan fans bahwa hasil uji coba tidak berarti apa-apa.

"Menang atas Kroasia tidak membuat kami cukup bagus untuk menjuarai turnamen. Dan kalah bukan berarti tidak lolos ke babak 16 besar," paparnya.

BACA JUGA:Temani Portugal, Inggris Lolos Piala Eropa 2024 Usai Libas Italia 3-1

"Pertandingan persahabatan adalah soal persiapan. Sekarang kami lebih kuat dari sebelum pertandingan… ini adalah sepak bola internasional," jelas pelatih 50 tahun itu.

"Kami kalah, Kroasia pantas mendapatkannya, namun bagi kami ini adalah ujian yang kami perlukan," tegasnya.

Jalannya Pertandingan

Kroasia tampil lebih baik di babak pertama. Meski melawan Portugal di kandangnya sendiri, mereka sangat kalem. Ketenangan Luka Modric menular ke skuad Vatreni (sebutan Kroasia), yang merupakan sisa-sisa dari pasukan Piala Dunia 2022.

Serangan terukur Kroasia berbuah hadiah penalti pada menit ke-7. Gara-garanya, Vitinha menjatuhkan Mateo Kovacic di kotak terlarang. Modric mengeksekusi. Gol.

BACA JUGA:Siiiiiuuu! Cristiano Ronaldo Catat Beberapa Sejarah Internasional setelah Loloskan Portugal ke Piala Eropa 2024

Itu adalah gol internasional Luka Modric yang ke-25 di semua ajang bersama Vatreni.


PORTUGAL dihajar Kroasia 1-2 tanpa Cristiano Ronaldo di laga persahabatan, 9 Juni 2024. Foto: Luka Modric mengeksekusi tendangan penalti.-Pedro Nunes-Reuters via Guardian

Setelah itu, serangan Kroasia berlanjut. Bek Manchester City Josko Gvardiol dua kali nyaris mencetak gol. Sedangkan kiper Porto Diogo Costa menggagalkan sundulan Andrej Kramaric dan Ante Budimir yang melebar dari gawang.

Portugal akhirnya menyamakan kedudukan setelah Roberto Martinez memasukkan gelandang Liverpool Diogo Jota setelah turun minum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters