5 Tanaman Wangi Ini Bikin Semut Ogah Masuk Rumah!

5 Tanaman Wangi Ini Bikin Semut Ogah Masuk Rumah!

Ada cara alami untuk mengusir semut tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. --iStockphoto

4. Eucalyptus

BACA JUGA: Temulawak Jadi Tanaman Obat Unggulan, Wapres Minta Mutu dan Kualitas Temulawak Harus Dijaga

Eucalyptus memiliki aroma yang sangat kuat dan sering digunakan dalam produk kesehatan, seperti minyak gosok dan inhaler. Aroma kuat dari eucalyptus tidak disukai oleh semut sehingga bisa menjadi pengusir semut alami yang efektif.
Tanaman eucalyptus. Tanaman wangi yang bikin semut ogah masuk rumah! --iStockphoto

Menanam eucalyptus di sekitar rumah atau menggunakan minyak esensial eucalyptus sebagai semprotan bisa membantu mengusir semut. Selain itu, eucalyptus juga memiliki sifat antiseptik yang dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan.

5. Basil

Basil atau kemangi adalah tanaman yang sering digunakan dalam masakan. Terutama di hidangan Italia dan Asia Tenggara. Aroma khas dari basil ternyata juga tidak disukai oleh semut.
Basil atau kemangi adalah tanaman yang sering digunakan dalam masakan. Terutama di hidangan Italia dan Asia Tenggara. Aroma khas dari basil ternyata juga tidak disukai oleh semut. --iStock

BACA JUGA: Hati-hati, Tanaman Akar Manis berpotensi mengurangi Kesuburan Wanita

Menanam basil di dalam pot dan menempatkannya di dekat pintu atau jendela bisa membantu mencegah semut masuk. Selain itu, basil segar dapat digunakan untuk memasak, sehingga Anda mendapatkan manfaat ganda dari tanaman ini.

Cara Penggunaan

Untuk memaksimalkan manfaat dari tanaman-tanaman ini, Anda bisa mengikuti beberapa tip berikut:

  • Menanam di pot: Tempatkan pot tanaman di area yang sering dilewati semut, seperti dapur, ruang makan, atau dekat pintu masuk.
  • Menggunakan minyak esensial: Campurkan beberapa tetes minyak esensial tanaman tersebut dengan air dalam botol semprot. Semprotkan di sepanjang jalur semut atau area yang sering dikunjungi semut.
  • Mengeringkan daun: Keringkan daun tanaman dan letakkan di dalam kantong kecil. Tempatkan kantong ini di area yang sering dilewati semut.

BACA JUGA: Kenali Manfaat 12 Tanaman Herbal dalam Pengobatan Ayurveda

Mengusir semut tidak selalu memerlukan bahan kimia berbahaya. Dengan memanfaatkan aroma alami dari tanaman seperti lavender, peppermint, rosemary, eucalyptus, dan basil, Anda bisa menjaga rumah tetap bebas dari semut.

Selain itu, tanaman-tanaman ini juga bisa mempercantik rumah dan memberikan aroma segar yang menyenangkan. Cobalah menanam beberapa di antaranya dan nikmati rumah yang lebih nyaman dan bebas semut. (*)

Artikel ini ditulis oleh Siti Yulaikah, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: