Mobilisasi Lancar, Seluruh Jemaah Haji Telah Meninggalkan Muzdalifah Menuju Mina Minggu Pagi

Mobilisasi Lancar, Seluruh Jemaah Haji Telah Meninggalkan Muzdalifah Menuju Mina Minggu Pagi

Jemaah Haji di Muzdalifah pada Minggu dini hari, 16 Juni 2024-Kemenag -

HARIAN DISWAY - Proses mobilisasi jemaah haji Indonesia dari Muzdalifah ke Mina selesai pada tanggal 16 Januari 2024 atau pada tanggal 10 Zulhijah pagi.

Area Muzdalifah dinyatakan clear sejak pukul 07.37 Waktu Arab Saudi (WAS).

Saat matahari belum terlalu tinggi, seluruh jemaah haji Indonesia sudah diberangkatkan menuju Mina.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan tahun lalu, dimana Jemaah Haji banyak terjebak di Muzdalifah sampai pagi hari tanggal 10 Zulhijah.

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (11): Mental dan Fisik Kuat, Bisa Tenang Wukuf di Arafah

Keterlambatan pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina begitu parah hingga proses mobilisasi jemaah berlangsung hingga siang hari pukul 13.30 WAS.

"Alhamdulillah, pada jam saya, pukul 07.37 WAS, Muzdalifah sudah clear. Seluruh jemaah haji Indonesia sudah diberangkatkan ke Mina," terang Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid di Muzdalifah, Minggu, 16 Juni 2024.


Jemaah Haji mengumpulkan kerikil di Muzdalifah -Kemenag-

Hal ini memberi pelajaran berharga. Menurut Subhan, Menag Yaqut Cholil Qoumas sejak awal meminta Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk melakukan langkah antisipasi sejak awal.

Sejumlah terobosan dilakukan, antara lain penerapan skema murur (melintas muzdalifah) bagi jemaah risiko tinggi, lansia, dan disabilitas. 

BACA JUGA:Otoritas Haji Akan Pakai Sistem Murur di Muzdalifah: Tidak Perlu Menginap, Cukup Lewat Saja

"Gus Men juga telah membagi tugas kepada seluruh jajarannya untuk terjun ke lapangan menyukseskan penyelenggaraan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Kami bersinergi di lapangan dengan seluruh petugas agar proses pergerakan jemaah berjalan lancar," sebut Subhan.

Hadir juga di Muzdalifah, Staf Khusus Menag Ishfah Abidal Aziz, Tenaga Ahli Menag Hasan Basri Sagala, Direktur Bina Haji Arsad Bidayat, dan Kabid Transportasi Mujib Roni.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief bersama Staf Khusus Menag Nuruzzaman dan Tenaga Ahli Hasanuddin Ali menakhodai pelayanan di Arafah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: