Polisi Waspadai Hooligan Jelang Serbia vs Inggris, Turunkan Kadar Alkohol Bir dan Larang Minum di Tribun

Polisi Waspadai Hooligan Jelang Serbia vs Inggris, Turunkan Kadar Alkohol Bir dan Larang Minum di Tribun

Polisi Jerman waspadai hooligan jelang Serbia vs Inggris. Foto: Polisi berpatroli di Allianz Arena, Munchen, jelang opening Euro 2024.-Marca-

HARIAN DISWAY - Pihak kepolisian Jerman meningkatkan pengamanan jelang pertandingan Inggris melawan Serbia pada Minggu, 16 Juni 2024 atau Senin dini hari WIB. Laga tersebut dianggap sebagai pertandingan berisiko tinggi.

Banyak sekali yang harus mereka lakukan. Salah satunya mengganti semua minuman beralkohol di stadion dengan bir yang berkadar alkohol lebih rendah. Suporter juga dilarang minum bir di tribun. Padahal, biasanya boleh.

Pengawasan memang lebih menantang pada Euro 2024 kali ini. Karena UEFA meminta agar pagar pembatas antartribun dihilangkan. Dan pendukung kedua kubu akan duduk berdekatan.

BACA JUGA:Jadwal Euro 2024 16 -17 Juni: Polandia vs Belanda dan Serbia vs Inggris

Padahal, dua pertiga tiket yang dijual adalah untuk tribun area bebas. Artinya, baik fans Inggris maupun Serbia bisa saja duduk bersebelahan. Tidak terkonsentrari di satu area khusus.


Polisi Jerman waspadai hooligan jelang Serbia vs Inggris. Foto: Fans Inggris memenuhi sebuah rumah minum di Gelsenkirchen, 15 Juni 2024. -AP-

"Saya pikir laga ini memang sangat berisiko tinggi karena sejarahnya. Juga karena hooligan yang dimiliki kedua belah pihak," kata Inspektur Kepala Polisi Jerman Christof Burghardt kepada Sky News. hooligan adalah istilah untuk suporter garis keras yang doyan kekerasan.

"Serbia mempunyai banyak hooligan. Orang-orang Inggris, kalau sudah minum alkohol, mereka kadang-kadang sangat agresif. Jadi kami memang mempersiapkan diri. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa," harap Burghardt.

BACA JUGA:Rekap Euro 2024: Jerman dan Spanyol Puncak Klasemen Sementara Grup A dan B

BACA JUGA:Preview Serbia vs Inggris: Hati-Hati, Orlovi Bisa Bikin Three Lions Sakit Hati!

Sebelum laga itu berlangsung, petugas melakukan uji coba pengamnanan di stadion AufSchalke Arena, Gelsenkirchen. Di gerbang, para penggemar diperiksa secara acak. Mereka mencari senjata dan minuman keras.

Sedangkan di dalam stadion, polisi mengawasi kerumunan orang yang berpotensi bentrok. Mereka mewaspadai orang-orang yang mungkin bakal membuat onar.

Dalam pantauan CCTV, polisi melihat sekelompok ultras bertopeng berkumpul di tribun. Polisi memantau mereka dengan cermat.


Polisi Jerman waspadai hooligan jelang Serbia vs Inggris. Foto: Fans Inggris ngebir di sebuah bar di Gelsenkirchen, 15 Juni 2024. -Guardian-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sky news