Wow Konsumsi Buah Pisang Mampu Tingkatkan Kebahagiaan dan Mengurangi Stres, Begini Selengkapnya...

Wow Konsumsi Buah Pisang Mampu Tingkatkan Kebahagiaan dan Mengurangi Stres, Begini Selengkapnya...

Ternyata, mengonsumsi buah pisang mampu tingkatkan kebahagiaan mengurangi stres. Tampak dalam foto olahan pisang bakar yang begitu lezat. --Pinterest

HARIAN DISWAY - Siapa yang tidak suka sama buah pisang? Padahal buah pisang adalah buah yang digemari banyak orang karena rasa manis dan tekstur lembutnya. Selain rasanya yang lezat, pisang juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, pisang juga memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang secara rutin dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, tidak ada alasan untuk tidak memasukkan pisang dalam diet harian Anda. Hal ini mengingat pisang memiliki beberapa kandungan zat penting yang dapat Anda ambil manfaatnya.

BACA JUGA: Resep Legitnya Gethuk Pisang Khas Kediri yang Cocok Jadi Oleh-oleh

1. Vitamin B6

Kandungan B6 berperan penting dalam produksi serotonim dan dopamine, neurotransmitter yang dapat mengatur suasana hati dan perasaan bahagia. Tentu ini sangat berkontribusi pada kesehatan mental.

2. Triptofan

Pisang mengandung 0,009 triptofan (Trp). Trp merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan 5-HTP (Hydroxytryptophan). Zat prekursor serotonin yang ada di dalam Trp dapat membantu tubuh memproduksi hormon bahagia.

3. Kalium

Satu buah pisang ukurang sedang mengandung sekitar 420 mg kalium Kandungan kalium yang ada di pisang dapat membantu mengatur tekanan darah dan detak jantung, sehingga tubuh merasa lebih rileks dan tenang.

BACA JUGA: Jadi Dessert Nomor Satu, Inilah Berbagai Olahan Pisang untuk Camilan

4. Magnesium

Kandungan magnesium dalam pisang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.  Artinya magnesium yang ada di pisang dapat membantu tubuh memproduksi energi dan mengurangi stres.

Kakayaan kandungan magnesium berperan dalam relaksasi otot dan fungsi saraf sehingga dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

5. Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada stres oksidatif. Pisang kepok kuning kaya akan zat antioksidan seperti karotenoid, flavonoid, polifenol, dan asam askorbat.

BACA JUGA: Mengenal 5 Jenis Buah Naga dan Manfaatnya

Dengan mengetahui kelima kandungan baik pada pisang itu maka Anda tidak hanya bisa menjaga kesehatan fisik saja. Anda juga dapat membantu menjaga kesehatan mental. Apa saja keuntungannya itu?

1. Meningkatkan kualitas tidur

Kandungan potasium dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh yang berperan penting dalam mengatur pola tidur. Magnesium yang berperan dalam relaksasi otot dan fungsi saraf dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

2. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Vitamin B6 dalam pisang berperan penting dalam produksi neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin. Vitamin itu membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke otak sehingga meningkatkan fokus dan konsentrasi.

BACA JUGA: Ini Deretan Buah yang Bagus untuk Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Terjaga

3. Meningkatkan Mood

Pisang mengandung prebiotik yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kesehatan pencernaan yang baik dapat berdampak positif pada mood dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Nah setelah mengetahui kandungannya yang baik dan manfaatnya buat kesehatan mental Anda, ada beberapa  cara mengonsumsi pisang dalam menu keseharian Anda. Betikut ada tiga hal"

1. Konsumsi pisang sebagai camilan

Pilihlah pisang matang yang manis dan lembut. Anda bisa menikmatinya langsung, dipotong-potong, atau dicampur dengan yogurt atau granola. Sebagai camilan, pisang sangat mudah dikonsumsi setiap waktu dan cocok. Bahkan sebagai sarapan pun.

BACA JUGA: Cara Relaksasi Sederhana Usir Stres Akibat Pusing Kerjaan

2. Olah pisang menjadi smoothie

Campurkan pisang dengan susu, yogurt, dan buah-buahan lainnya untuk mendapatkan smoothie yang lezat dan bergizi. Kelembutan dan rasa nikmat dari pisang akan membuat mood Anda semakin baik.

3. Tambahkan pisang ke dalam oatmeal

Pisang bisa menjadi topping yang lezat dan mengenyangkan untuk oatmeal. Anda bisa memotong pisang kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam oatmeal. Banyak variasi hidangan yang telah memodifikasi keduanya sebagai sajian lezat setiap pagi.

4. Buat pisang bakar

Pisang bakar dengan sedikit madu atau sirup maple bisa menjadi camilan sehat dan mengenyangkan. Anda bisa memotong pisang menjadi beberapa bagian, lalu oleskan madu atau sirup maple untuk menambah rasa pisang bakar.

BACA JUGA: Lelah dengan Pekerjaan? Ini 5 Kegiatan Positif yang Dapat Mengurangi Stres

Wah ternyata sedemikian kayanya ya pisang itu. Tak salah jika pisang dimasukkan dalam menu sehari-hari ya. Yuk, jadikan pisang sebagai bagian dari camilan sehat Anda dan rasakan manfaatnya untuk kebahagiaan dan kesehatan mental Anda. (*)

Artikel ini ditulis oleh Anik Zulfia, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: