Fasilitasi Anak Berkebutuhan Khusus, Pemkot Surabaya Akhirnya Punya 4 Rumah Anak Prestasi

Fasilitasi Anak Berkebutuhan Khusus, Pemkot Surabaya Akhirnya Punya 4 Rumah Anak Prestasi

Ilustrasi kegiatan menari di Rumah Anak Prestasi bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Surabaya-Teddy Insani-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Rumah Anak Prestasi (RAP) menjadi wadah kreativitas bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di SURABAYA. RAP membantu mereka mengembangkan minat dan bakat ABK.

Selama ini sudah ada 3 RAP di Surabaya. Yakni RAP Nginden Semolo, RAP Sonowijenan dan RAP Kedung Cowek. Demi mencakup lebih banyak kebutuhan anak berkebutuhan khusus maka ditambah satu RAP Dukuh Menanggal. Bagi warga Surabaya yang memanfaatkan RAP diberikan secara gratis. 

Sejumlah kegiatan diberikan di RAP Surabaya. Di antaranya handicraft, membatik, menjahit, musik, modeling, fotografi, hingga dongeng bahasa isyarat.

RAP juga menyediakan beberapa layanan gratis. Misalnya ruang physiotherapy, ruang refleksi, ruang terapi wicara, hingga layanan konsultasi psikologi serta dengan dokter spesialis anak. 

BACA JUGA:Ajak Anak Autis Lebih Percaya Diri, Rumah Anak Prestasi Gratis Bagi Warga Surabaya

"Dengan berdirinya RAP di Surabaya selatan ini, membuktikan bahwa kita saling menguatkan. Artinya, pembangunan Sumber Daya Alam (SDM) dilakukan merata. Terutama untuk anak yang memiliki kelebihan kita siapkan," ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat peresmian RAP keempat belum lama ini.


Peresmian Rumah Anak Prestasi (RAP) Dukuh Menanggal pada Kamis, 20 Juni 2024. Dengan begitu Surabaya memiliki total 4 RAP yang dapat dimanfaatkan gratis bagi warganya.-Dok Pemkot Surabaya -Harian Disway

RAP Dukuh Menanggal dilengkapi dengan fasilitas yang lebih lengkap dari tiga RAP sebelumnya. Yakni dari sisi alat terapi lebih lengkap.

Diharapkan keempat RAP di setiap wilayah Kota Surabaya dapat saling bersinergi. Demi memberikan pelatihan terbaik untuk anak-anak disabilitas.

 BACA JUGA:Rumah Anak Prestasi Jadi Wadah Kreativitas 516 Disabilitas di Surabaya

"Anak-anak yang ada di RAP Nginden atau Kedung Cowek bisa melanjutkan terapinya yang kurang di RAP Dukuh Menanggal, yang alatnya lebih lengkap," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Anna Fajrihatin mengatakan tambahan fasilitas yang ada di RAP Dukuh Menanggal meliputi kelas yoga, lapangan olahraga, kelas public speaking dan alat terapi yang lebih lengkap. Secara garis besar fasilitas di RAP Dukuh Menanggal sama dengan tiga RAP lainnya.

"Jadi memang untuk RAP keempat ini, kita banyak belajar dari tiga RAP sebelumnya. Apa kebutuhan anak-anak, yang belum difasilitasi sebelumnya kita lengkapi RAP Dukuh Menanggal," ujarnya. (*)

BACA JUGA:Rumah Anak Prestasi Surabaya Bisa Dimanfaatkan Anak-Anak Disabilitas Untuk Belajar dan Menjalani Terapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: