Kejam! Ukraina vs Belgia 0-0, Setan Merah ke 16 Besar, Mudryk dkk Tersingkir Meski Koleksi 4 Poin

Kejam! Ukraina vs Belgia 0-0, Setan Merah ke 16 Besar, Mudryk dkk Tersingkir Meski Koleksi 4 Poin

KEJAM! Ukraina vs Belgia 0-0, Setan Merah ke 16 Besar. Foto: Romelu Lukaku berusaha menyundul bola ke gawang Ukraina tapi gagal.-Fabrice Coffrini-AFP

"Dan kalau itu terjadi, kami tersingkir dari Euro. Memang disayangkan banget kami gagal mencetak gol (karena kami punya kesempatan). Namun, kami butuh pendukung untuk tetap mendukung kami," kata bintang Manchester City tersebut.


KEJAM! Ukraina vs Belgia 0-0, Setan Merah ke 16 Besar. Foto: Kevin de Bruyne disorot laser oleh fansnya sendiri.-Clive Mason-Getty Images via AFP

Jalannya Pertandingan Ukraina vs Belgia

Belgia memang tampil tidak semestinya ketika menghadapi Ukraina. Mereka lamban. Serangannya terputus-putus, tidak mengalir, tidak enak dilihat. Mereka jarang merepotkan Ukraina sepanjang pertandingan.

Belgia mendominasi penguasaan bola di 20 menit pertama. Namun, komando Kevin De Bruyne di lini tengah tidak mampu benar-benar menguji Anatoliy Trubin di gawang Ukraina. Romelu Lukaku masih mandul.

BACA JUGA:Belgia Digigit 'Si Kecil' Slovakia, Lukaku Kecewa Gol Dianulir!

BACA JUGA:Setan Merah Terluka! Belgia vs Slovakia 0-1, Dua Gol Romelu Lukaku Dibatalkan VAR

Manajer Ukraina Serhiy Rebrov mengambil keputusan berani dengan mencoret Oleksandr Zinchenko dan kapten Andriy Yarmolenko, sementara striker Mykhailo Mudryk cedera.

Namun, para pemain yang ditugaskan untuk menggantikan mereka menjalankan tugas dengan luar biasa. Mereka membawa Ukraina bangkit di pertengahan babak pertama, dan mulai menekan Belgia.

Roman Yaremchuk melepaskan tembakan dari jarak jauh yang menyenggol telapak tangan kiper Belgia Koen Casteels. Dan Artem Dobvik melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti. Sayang, tendangan itu melebar.

BACA JUGA:Aneh! Kiper Utama Real Madrid, Thibaut Courtois Tak Masuk Timnas Belgia di Piala Euro 2024

Yaremchuk nyaris membawa Ukraina unggul lewat tendangan bebas pendek yang membuatnya bebas di kotak penalti. Namun, ia memilih untuk mengumpan bola daripada menembak.


KEJAM! Ukraina vs Belgia 0-0, Setan Merah ke 16 Besar. Foto: Artem Dovbyk (kanan) nyaris bawa Ukraina menang.-Fabrice Coffrini-AFP

Ketika anak buah Domenico Tedesco itu kesulitan menemukan ritme permainan, Ukraina mulai semakin memanfaatkan dominasinya. Terutama di babak kedua.

Kabar dari pertandingan sebelah (Rumania vs Slovakia) turut memotivasi Ukraina. Karena laga itu berjalan imbang 1-1 di babak pertama, Ukraina berpotensi finis di posisi terbawah Grup E dengan selisih gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc